Sukses

Hore, Anggaran Kartu Prakerja Naik 100 Persen di 2021

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah naikkan anggaran Program Kartu Prakerja dua kali lipat alias 100 persen di 2021 ini. Hal tersebut diungkapkan oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dalam rapat dengan Komisi XI DPR.

Sri Mulyani menjelaskan, pada tahun ini, anggaran program Kartu Prakerja naik menjadi Rp 20 triliun dari anggaran sebelumnya yang sebesar Rp 10 triliun.

"Bapak Presiden memutuskan program prakerja dinaikkan dua kali lipat. Jadi tadinya Rp 10 triliun tahun ini supaya disamakan dengan tahun lalu, menjadi Rp 20 triliun. Jadi kita tambahkan Rp 10 triliun," ungkap dia.

Sri Mulyani juga menjelaskan, secara total ada tambahan anggaran bidang perlindungan sosial sebesar Rp36,6 triliun. Dana tersebut akan alokasikan untuk tambahan program prakerja, diskon listrik, bantuan kuota internet pelajar dan pengajar, serta tambahan bansos tunai.

Selain itu, tambahan anggaran juga diperuntukkan untuk dukungan UMKM dan dunia usaha Rp25,5 triliun. Dana tersebut ditujukan untuk subsidi bunga UMKM KUR dan non-KUR, Imbal Jasa Penjaminan UMKM dan korporasi, serta pembebasan rekening minimum dan abonemen listrik.

Bendahara Negara itu menambahkan, dengan kebutuhan anggaran tersebut maka seluruh Kementerian dan Lembaga harus kembali melakukan refocusing dan realokasi belanjanya di tahun 2021.

"Belanja tahun 2021 yang kemungkinan tidak prioritas atau tidak akan mungkin dijalankan karena covid masih sangat meningkat," jelas dia.

2 dari 4 halaman

Waspada, Modus Penipuan Berkedok Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 12

Pendaftaran program Kartu Prakerja gelombang ke-12 rencananya akan segera dibuka. Sejauh ini, progress rencana pembukaan program berada di tahap finalisasi antara Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja (MPPKP) dengan Komite Cipta Kerja (KCK).

Karena belum ada pengumuman resmi kapan akan dibuka, maka masyarakat hendaknya berhati-hati saat mendapatkan informasi yang menyebutkan gelombang ke-12 program ini akan dibuka, karena sudah dipastikan info tersebut hoaks.

Adapun, pengumuman mengenai program Kartu Prakerja selalu dimuat di laman resmi Kartu Prakerja yaitu www.prakerja.go.id.

"Sobat Prakerja, mohon berhati-hati bila mendapatkan informasi pembukaan Gelombang 12 Kartu Prakerja. Bisa jadi itu modus penipuan, lho! Alamat situs Kartu Prakerja yang resmi hanya www.prakerja.go.id," demikian dikutip dari akun Instagram resmi Kartu Prakerja @prakerja.go.id, Senin (18/1/2021).

Masyarakat juga hendaknya memperhatikan akhiran situs "go.id". Jika sebuah situs web diakhiri dengan "go.id", maka situs tersebut resmi milik pemerintah.ㅤ

Kemudian, selalu ingat untuk tidak memberikan data pribadi seperti NIK (Nomor Induk Kependudukan), nomor KK (Kartu Keluarga), nomor HP, alamat email, atau data pribadi lainnya kepada pihak yang mencurigakan atau tidak bertanggung jawab. ㅤㅤ

"Jadi, pastikan Sobat hanya mengunjungi situs Kartu Prakerja yang resmi, ya Pembukaan gelombang 12 akan diumumkan melalui media dan media sosial resmi Kartu Prakerja," ujar admin @prakerja.go.id.

Berikut alamat situs dan akun media sosial resmi program Kartu Prakerja: Website: www.prakerja.go.id​Instagram: www.instagram.com/prakerja.go.id​Facebook: www.facebook.com/prakerja.go.id 

3 dari 4 halaman

Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 12 Segera Dibuka, Kapan?

Pendaftaran program Kartu Prakerja gelombang ke-12 rencananya akan dibuka. Namun, Manajamen Pelaksana Program Kartu Prakerja belum bisa memastikan kepastian dibukanya kembali pendaftaran kartu prakerja.

Sejauh ini mekanisme dan teknis pelaksanaan sedang dalam tahap finalisasi antara Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja (MPPKP) dengan Komite Cipta Kerja (KCK).

"Begitu sudah ada titik terang akan segera saya sampaikan," kata Head of Communications Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja, Louisa Tuhatu saat dihubungi, Minggu (17/1/2020).

Secara berkala, Manajemen Pelaksama Program Kartu Prakerja juga akan menyampaikan mengenai proses di dalam Kartu Prakerja. Baik insentif, sertifikat, penautan rekening, dan lain-lain.

"Sehingga bisa lebih paham dan mengerti apa yang dialami atau dikeluhkan oleh penerima Kartu Prakerja," jelasnya.

Sebelumnya, beredar informasi pendaftaran Prakerja dibuka pada April 2021 beredar di media sosial. Pendaftaran tersebut untuk Prakerja gelombang 12.

Informasi itu juga disertakan flyer dengan tulisan "Bagi sobat yang sudah menunggu pendaftaran kartu Prakerja dibuka mohon bersabar yaa!,"

Pendaftaran akan dibuka pada bulan April. Karena itu, follow dan pantengin terus Instagram Kartu Prakerja yaa..."

Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com  

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: