Sukses

Waspada, Modus Penipuan Berkedok Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 12

Pendaftaran program Kartu Prakerja gelombang ke-12 rencananya akan segera dibuka

Liputan6.com, Jakarta - Pendaftaran program Kartu Prakerja gelombang ke-12 rencananya akan segera dibuka. Sejauh ini, progress rencana pembukaan program berada di tahap finalisasi antara Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja (MPPKP) dengan Komite Cipta Kerja (KCK).

Karena belum ada pengumuman resmi kapan akan dibuka, maka masyarakat hendaknya berhati-hati saat mendapatkan informasi yang menyebutkan gelombang ke-12 program ini akan dibuka, karena sudah dipastikan info tersebut hoaks.

Adapun, pengumuman mengenai program Kartu Prakerja selalu dimuat di laman resmi Kartu Prakerja yaitu www.prakerja.go.id.

"Sobat Prakerja, mohon berhati-hati bila mendapatkan informasi pembukaan Gelombang 12 Kartu Prakerja. Bisa jadi itu modus penipuan, lho! Alamat situs Kartu Prakerja yang resmi hanya www.prakerja.go.id," demikian dikutip dari akun Instagram resmi Kartu Prakerja @prakerja.go.id, Senin (18/1/2021).

Masyarakat juga hendaknya memperhatikan akhiran situs "go.id". Jika sebuah situs web diakhiri dengan "go.id", maka situs tersebut resmi milik pemerintah.ã…¤

Kemudian, selalu ingat untuk tidak memberikan data pribadi seperti NIK (Nomor Induk Kependudukan), nomor KK (Kartu Keluarga), nomor HP, alamat email, atau data pribadi lainnya kepada pihak yang mencurigakan atau tidak bertanggung jawab. ㅤㅤ

"Jadi, pastikan Sobat hanya mengunjungi situs Kartu Prakerja yang resmi, ya Pembukaan gelombang 12 akan diumumkan melalui media dan media sosial resmi Kartu Prakerja," ujar admin @prakerja.go.id.

Berikut alamat situs dan akun media sosial resmi program Kartu Prakerja: Website: www.prakerja.go.id​Instagram: www.instagram.com/prakerja.go.id​Facebook: www.facebook.com/prakerja.go.id

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 12 Segera Dibuka, Kapan?

Pendaftaran program Kartu Prakerja gelombang ke-12 rencananya akan dibuka. Namun, Manajamen Pelaksana Program Kartu Prakerja belum bisa memastikan kepastian dibukanya kembali pendaftaran kartu prakerja.

Sejauh ini mekanisme dan teknis pelaksanaan sedang dalam tahap finalisasi antara Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja (MPPKP) dengan Komite Cipta Kerja (KCK).

"Begitu sudah ada titik terang akan segera saya sampaikan," kata Head of Communications Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja, Louisa Tuhatu saat dihubungi, Minggu (17/1/2020).

Secara berkala, Manajemen Pelaksama Program Kartu Prakerja juga akan menyampaikan mengenai proses di dalam Kartu Prakerja. Baik insentif, sertifikat, penautan rekening, dan lain-lain.

"Sehingga bisa lebih paham dan mengerti apa yang dialami atau dikeluhkan oleh penerima Kartu Prakerja," jelasnya.

Sebelumnya, beredar informasi pendaftaran Prakerja dibuka pada April 2021 beredar di media sosial. Pendaftaran tersebut untuk Prakerja gelombang 12.

Informasi itu juga disertakan flyer dengan tulisan "Bagi sobat yang sudah menunggu pendaftaran kartu Prakerja dibuka mohon bersabar yaa!,"

Pendaftaran akan dibuka pada bulan April. Karena itu, follow dan pantengin terus Instagram Kartu Prakerja yaa..."

Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com 

3 dari 3 halaman

Kartu Prakerja akan Dibuka Lagi, Simak Cara Daftarnya

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto memastikan jika program Kartu Prakerja akan berlanjut di 2021. Bahkan, Program Kartu Prakerja tahun depan akan memakai model yang sama seperti 2020.

Tahun ini, anggaran program Kartu Prakerja mencapai Rp 20 triliun. Sedangkan tahun depan program ini juga akan dilanjutkan namun dengan dana yang kembali seperti perencanaan yakni Rp 10 triliun.

"Tahun depan kita akan kembali ke dana yang Rp 10 triliun karena program bantuan pemerintah disesuaikan dengan situasi dengan harapannya pandemi ini akan turun," ujar dia beberapa waktu lalu.

Hal ini ditegaskan oleh Head of Communication Manajemen Pelaksana (PMO) Kartu Prakerja Louisa Tuhatu ketika dihubungi Liputan6.com.

"Program Kartu Prakerja akan berlanjut di 2021 dengan pembukaan gelombang 12," ujar Louisa, tegasnya.

Lalu bagaimana cara daftarnya? masih ingat?

Buat yang masih minat mendaftar, disimak cara mendaftar Kartu Prakerja bisa melalui portal https://www.prakerja.go.id/.

Sebelum mendaftar Kartu Prakerja, Anda harus membuat akun terlebih dahulu. Daftar akun Kartu PraKerja itu sangat mudah. Anda bisa pakai email atau nomor ponsel kamu yang aktif.

Pendaftar Kartu Prakerja wajib mengisi data atau informasi pada Situs dengan benar. Selain itu, Anda harus menggunakan nama dan data diri sesuai dengan Kartu Tanda Penduduk yang sah.

Berikut panduan membuat akun Kartu Prakerja di prakerja.go.id:

- Masukkan nama lengkap, email dan kata sandi

- Klik Daftar.

- Selanjutnya verifikasi email kamu

- Lakukan verifikasi yang telah dikirimkan via email.

- Pendaftaran berhasil. Kamu berhasil membuat akun Kartu Prakerja.

Pendaftaran Kartu Prakerja:

- Lakukan login menggunakan akun yang telah dibuat di langkah sebelumnya

- Setelah berhasil daftar akun dan login akun, masuk ke Dashboard

- Isi verifikasi KTP- Klik Berikutnya

- Lengkapi data diri dan unggah foto KTP dan swafoto dengan KTP kamu

- Lakukan Verifikasi Telepon

- Klik kirim

- Setelah selesai verifikasi KTP, mengisi data diri, dan verifikasi nomor telepon, isi deklarasi survey

- Berikutnya kamu wajib melakukan tes

- Setelah selesai tes, ikuto seleksi batch

- Pilih batch yang diinginkan dan sesuaikan dengan domisili

- Pendaftaran selesai

- Tunggu proses evaluasi pendaftaran 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.