Sukses

4 Sektor Ekonomi yang Bakal Meningkat pada 2021

Liputan6.com, Jakarta - Pertumbuhan ekonomi 2021 diprediksi meningkat dibandingkan 2020. Dalam pemaparannya, Riset Office of Chief Economist Bank Mandiri juga menyebut, sedikitnya terdapat empat sektor ekonomi yang akan cukup potensial untuk berinvestasi.

Sektor infrastruktur menjadi yang pertama mengalami kenaikan karena jumlah penduduk di Indonesia yang cukup padat.

"Tahun 2021 terdapat beberapa sektor potensial untuk berinvestasi, salah satunya infrastruktur karena kita negara dengan penduduk di atas 260 juta, sehingga sangat mobile antar pulau dan di dalam pulau sehingga sangat membutuhkan dukungan infrastruktur," kata Chief Economist Bank Mandiri Andry Asmoro, Senin (25/1/2021).

Selain itu, peningkatan juga diprediksi terjadi di sektor kesehatan. Hal ini tak terlepas dari pandemi COVID-19 yang terjadi secara global.

"Ini adalah salah satu yang potensial untuk tumbuh, ini juga menciptakan lapangan kerja dalam upaya kita mengatasi pandemi," ujar dia.

 

2 dari 3 halaman

Sektor Pendidikan

Selanjutnya terdapat sektor pendidikan. Pandemi yang terjadi saat ini juga memaksa seluruh masyarakat Tanah Air untuk belajar dari rumah dan menggunakan aplikasi layanan ponsel yang tersedia.

"Sektor komunikasi juga tak luput dari hal ini, karena anything virtual, jadi ini akan berkaitan dengan wifi, dengan ponsel dan semuanya yang berhubungan dengan komunikasi, ini sangat membuka lebar bisnis di komunikasi," ujar dia.

Terakhir terdapat industri manufaktur. Mengalami dampak positif, industri ini juga mempengaruhi dua sektor lainnya seperti otomotif dan elektronik.

 

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini