Sukses

Bank DKI Gandeng Jakarta Tourism Forum Salurkan Donasi Gempa Sulawesi Barat

Bank DKI gandeng Jakarta Tourism Forum salurkan donasi kemanusiaan senilai Rp 100 juta untuk penanganan gempa bumi yang terjadi di Majene dan Mamuju, Sulawesi Barat.

Liputan6.com, Jakarta - Bank DKI gandeng Jakarta Tourism Forum salurkan Corporate Social Responsibility donasi kemanusiaan senilai Rp 100 juta untuk penanganan musibah bencana alam gempa bumi yang terjadi di Majene dan Mamuju, Sulawesi Barat.

Bantuan tersebut disalurkan secara simbolis oleh Direktur Kredit UMK dan Usaha Syariah Bank DKI, Babay Parid Wazdi kepada bendahara umum Jakarta Tourism Forum, Emi Silvia Basyah di Jakarta.

“Bantuan ini merupakan bentuk kepedulian Bank DKI atas musibah yang terjadi di Majene dan Mamuju, Sulawesi Barat melalui organisasi Jakarta Tourism Forum," kata Babay Parid Wazdi dalam keterangan tertulis di Jakarta, Sabtu (23/1/2021).

Penyaluran ini nantinya akan dikelola dan didistribusikan oleh JTF dalam bentuk bantuan logistik yang dibutuhkan bagi para korban serta pengungsi seperti makanan siap saji, sembako, selimut, obat-obatan, selimut, susu & makanan bayi, serta kebutuhan lainnya.

Sebagaimana diketahui pada Jumat, 15 Januari 2021 Pukul 01.28 WIB telah terjadi bencana alam gempa bumi berskala 6,2 richter yang terjadi di Kabupaten Majene dan Mamuju, Sulawesi Barat. Sebagai dampak dari bencana alam tersebut, terdapat korban jiwa serta sejumlah warga yang harus mengungsi akibat kehilangan tempat tinggal.

"Kami menyampaikan bahwa Bank DKI turut prihatin atas bencana lain yang juga terjadi di Indonesia," ungkap dia.

Bank DKI turut mengajak masyarakat yang ingin berdonasi dapat transfer langsung melalui rekening Bank DKI Peduli di nomor rekening 10120123455, atau Bank DKI Syariah Peduli dengan nomor rekening 70107000030. Selain itu, donasi dapat dilakukan dengan metode scan QR Code via aplikasi JakOne Mobile.

Sementara itu, Bendahara Umum Jakarta Tourism Forum, Emi Silvia Basyah menyampaikan apresiasi kepada Bank DKI atas penyaluran donasi yang disalurkan melalui JTF.

“Penyaluran ini kami harapkan dapat bermanfaat bagi para korban terdampak bencana serta mempercepat pemulihan pasca bencana, serta semoga Bank DKI tambah sukses, maju dan barokah” ujar Emi Silvia Basyah.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ada Bencana Banjir dan Gempa Bumi, BI Kalsel dan Sulbar Tetap Beroperasi

Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) dan Sulawesi Barat (Sulbar) tetap memberikan layanan operasional kas dan kegiatan operasional Sistem Kliring Nasional Bank Indonesia (SKNBI). Beberapa hari lalu, terjadi banjir di Kalsel dan gempa bumi di Sulbar.

"BI akan terus berkoordinasi dengan pelaku industri sistem pembayaran, termasuk perbankan untuk memastikan pelayanan transaksi di masyarakat dapat tetap berjalan dengan lancar dan aman, serta memastikan uang rupiah tersedia dalam jumlah cukup untuk melayani kebutuhan masyarakat," ungkap Kepala Departemen Komunikasi BI, Erwin Haryono, dalam keterangan tertulisnya pada Selasa (19/1/2021).

Provinsi Kalsel dan Sulbar telah ditetapkan sebagai daerah berstatus tanggap darurat oleh Pemerintah Daerah atas bencana banjir pada 14 Januari 2021 dan gempa bumi pada 15 Januari 2021.

Menurut Erwin, BI akan terus memantau perkembangan yang terjadi dan melakukan langkah-langkah yang diperlukan untuk menjaga agar kegiatan operasional BI dapat dilaksanakan di daerah tersebut.

"Hal ini untuk mendukung kegiatan transaksi di masyarakat, khususnya mendukung upaya pemerintah dalam rangka pemulihan kegiatan ekonomi," jelas Erwin.

Erwin pun menyampaikan dukacita anggota Dewan Gubernur dan keluarga besar BI atas terjadinya musibah di Kalsel, Sulbar, serta daerah lain di Indonesia.

"BI turut mendoakan keselamatan dan kekuatan bagi seluruh masyarakat yang terdampak," katanya 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Bank adalah lembaga yang menjadi pilihan yang aman untuk meminjam dan menyimpan uang.

    bank

  • Gempa mengguncang Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat di awal bulan Juni 2022. Gempa magnitudo tersebut, juga dirasakan di provinsi terdekat.

    Gempa Sulbar

  • Gempa adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan pada kulit bumi secara tiba‐tiba.

    Gempa

  • Bank DKI merupakan salah satu bank di Indonesia yang kepemilikan sahamnya dimiliki oleh Pemprov DKI Jakarta.

    Bank DKI