Sukses

Sedang Renovasi Rumah? Ini Tips Agar Tak Boros

Liputan6.com, Jakarta Saat merenovasi rumah menjadi tempat tinggal yang lebih baik, biasanya Anda membuat rencana yang tidak sesuai dengan anggaran. Seringkali setelah semua renovasi rumah selesai, orang lain memberi tahu bahwa mereka menyelesaikan satu atau lebih pekerjaan serupa dengan harga lebih rendah.

Untuk menyelamatkan Anda dari momen seperti itu, berikut 5 tips menghemat uang saat merenovasi rumah dilansir dari laman Lifehack. Ini adalah beberapa langkah termudah yang dapat Anda lakukan saat menyiapkan rumah untuk direnovasi.

1. Pakai Tenaga lebih sedikit

Renovasi bisa menjadi waktu terbaik untuk menggunakan keterampilan DIY. Tenaga kerja adalah sesuatu yang harus dibayar mahal dan melakukan beberapa pekerjaan yang tidak memerlukan keterampilan khusus dapat membantu jika mencoba menghemat pengeluaran. 

Berbagai studi kasus renovasi  menunjukkan berapa banyak uang yang dapat dihemat orang hanya dengan mengecat rumah mereka sendiri.

 Jika Anda bisa mendapatkan kerabat atau teman untuk membantu atau jika bisa mendapatkan freelancer dengan harga lebih murah untuk melakukan pemagaran misalnya, maka Anda bisa menurunkan biaya renovasi rumah.

2. Jangan Mengganti Semuanya

Orang terkadang berpikir bahwa renovasi berarti mengganti segala sesuatu dengan barang baru. Jika Anda memiliki gagasan ini juga, maka mungkin harus mempertimbangkannya kembali. 

Cari furnitur atau aksesori rumah lainnya yang layak disimpan. Ini bisa berupa kursi, meja belajar, atau barang lain seperti itu. 

Menggunakan kembali akan mencegah pengeluaran untuk membeli produk baru. Pertimbangkan dengan cermat saat memilah apa yang perlu disimpan dan apa yang tidak perlu disimpan.

2 dari 3 halaman

3. Tukar tambah

Sebelum membuang barang-barang, carilah penawaran penukaran yang bisa mendapatkan produk dengan harga lebih rendah dari dealer dengan imbalan produk lama Anda. 

Satu hal lagi yang dapat dilakukan adalah menjual barang-barang lama. Jika sibuk, iklankan produk-produk lama Anda di situs web “jual beli”.

4. Beli barang bekas

Jika anggaran terbatas, membeli produk bekas layak pakai bukanlah pilihan yang buruk. Menganggap produk bekas sebagai barang di bawah standar adalah hal biasa, tetapi hampir tidak benar. 

Anda dapat dengan mudah menemukan produk bekas yang dibutuhkan untuk dijual dengan harga yang wajar. 

Ada situs web yang menjual produk semacam itu dan menyediakan produk rekondisi dengan masa garansi terbatas untuk mengembalikannya jika ada cacat.

5. Beli dengan cerdas

Membeli produk alternatif adalah pilihan yang baik, dan akan lebih baik lagi bila memiliki pilihan untuk membelinya dari toko alternatif. Jangan hanya membeli dari toko lokal. 

Gunakan bantuan situs perbandingan yang mencari harga produk yang sama, termasuk furnitur, cat, dan lainnya. Beli produk pilihan dengan harga terendah. 

Alih-alih mengunjungi toko, Anda juga dapat menggunakan toko elektronik untuk memesan dan mengirim produk langsung ke depan pintu yang terkadang tanpa biaya pengiriman jika memesan beberapa produk dari toko yang sama.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Ini