Sukses

Profil Sakti Wahyu Trenggono, Eks Wamenhan yang Didapuk Jadi Menteri Kelautan Perikanan

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo melakukan reshuffle kabinet Indonesia Maju, Selasa (22/12/2020). Tercatat, ada 6 posisi menteri yang terkena pergantian pemimpin, salah satunya Menteri Kelautan dan Perikanan (MKP) yang kini dijabat oleh Sakti Wahyu Trenggono.

Seperti yang diketahui, sebelumnya, jabatan Menteri KKP diemban oleh Edhy Prabowo. Kendati, karena terseret kasus suap benih lobster, Edhy harus rela menanggalkan posisinya.

Ketika kosong, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo sempat menjadi Plt Menteri KKP. Sekarang, kursi Menteri KKP diisi oleh Sakti Wahyu Trenggono, yang sebelumnya mendampingi Menteri Pertahanan Prabowo Subianto sebagai Wakil Menteri Pertahanan.

Lantas, siapa dan bagaimana rekam jejak Sakti Wahyu Trenggono?

Ternyata, nama Sakti Wahyu Trenggono tidak asing di lingkup politik tanah air. Dirinya pernah menjabat sebagai bendahara Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'aruf dalam Pemilihan Presiden 2019.

Dirinya pernah menjabat sebagai bendahara Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'aruf dalam Pemilihan Presiden 2019. Dia bahkan sudah menjadi bendara tim pemenangan Jokowi sejak sang Presiden masih berkiprah di Solo.

Pria kelahiran Semarang, 3 November 1962 ini sempat menjadi bendara Partai Amanat Nasional periode 2009-2013.

Sakti Wahyu Trenggono merupakan lulusan S1 Teknik Industri dan S2 Magister Management di Institut Teknologi Bandung. Kariernya dimulai di Federal Motor sebagai programmer (1986-1992), lalu sebagai Direktur Perencanaan dan Pengembangan INKUD serta komisaris PT Tower Bersama Tbk sejak 2009. Lalu di tahun 2018, dia menjabat sebagai komisaris PT Merdeka Copper Gold.

2 dari 3 halaman

Jokowi Pilih Sakti Wahyu Trenggono Duduki Posisi Menteri Kelautan dan Perikanan

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengumumkan reshuffle kabinet Selasa (22/12/2020) sore ini. Ada 6 jabatan menteri yang diganti Jokowi, salah satunya kursi Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) diduduki oleh Sakti Wahyu Trenggono.

Jokowi secara resmi menunjuk Wakil Menteri Pertahanan Sakti Wahyu Trenggono untuk menduduki kursi kosong Menteri KKP. Sebelumnya, jabatan ini diemban oleh politikus Edhy Prabowo sebelum ditangkap KPK dengan dugaan suap ekspor benih lobster.

"Kelima adalah bapak Wahyu Sakti Trenggono. Beliau sekarang menjabat wamenhan, diberikan tanggung jawab untuk jadi Menteri KKP," ujar Jokowi dalam keterangan pers.

Sakti Wahyu Trenggono sendiri bukan tokoh asing dalam jagat perpolitikan Indonesia. Dirinya pernah menjabat sebagai bendahara Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'aruf dalam Pemilihan Presiden 2019. Dia bahkan sudah menjadi bendara tim pemenangan Jokowi sejak sang Presiden masih berkiprah di Solo.

Pria kelahiran Semarang, 3 November 1962 ini sempat menjadi bendara Partai Amanat Nasional periode 2009-2013.

Sakti merupakan lulusan S1 Teknik Industri dan S2 Magister Management di Institut Teknologi Bandung. Kariernya dimulai di Federal Motor sebagai programmer (1986-1992), lalu sebagai Direktur Perencanaan dan Pengembangan INKUD serta komisaris PT Tower Bersama Tbk sejak 2009. Lalu di tahun 2018, dia menjabat sebagai komisaris PT Merdeka Copper Gold. 

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: