Sukses

Jokowi Pilih Sakti Wahyu Trenggono Duduki Posisi Menteri Kelautan dan Perikanan

Sakti Wahyu Trenggono sendiri bukan tokoh asing dalam jagat perpolitikan Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengumumkan reshuffle kabinet Selasa (22/12/2020) sore ini. Ada 6 jabatan menteri yang diganti Jokowi, salah satunya kursi Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) diduduki oleh Sakti Wahyu Trenggono.

Jokowi secara resmi menunjuk Wakil Menteri Pertahanan Sakti Wahyu Trenggono untuk menduduki kursi kosong Menteri KKP. Sebelumnya, jabatan ini diemban oleh politikus Edhy Prabowo sebelum ditangkap KPK dengan dugaan suap ekspor benih lobster.

"Kelima adalah bapak Wahyu Sakti Trenggono. Beliau sekarang menjabat wamenhan, diberikan tanggung jawab untuk jadi Menteri KKP," ujar Jokowi dalam keterangan pers.

Sakti Wahyu Trenggono sendiri bukan tokoh asing dalam jagat perpolitikan Indonesia. Dirinya pernah menjabat sebagai bendahara Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'aruf dalam Pemilihan Presiden 2019. Dia bahkan sudah menjadi bendara tim pemenangan Jokowi sejak sang Presiden masih berkiprah di Solo.

Pria kelahiran Semarang, 3 November 1962 ini sempat menjadi bendara Partai Amanat Nasional periode 2009-2013.

Sakti merupakan lulusan S1 Teknik Industri dan S2 Magister Management di Institut Teknologi Bandung. Kariernya dimulai di Federal Motor sebagai programmer (1986-1992), lalu sebagai Direktur Perencanaan dan Pengembangan INKUD serta komisaris PT Tower Bersama Tbk sejak 2009. Lalu di tahun 2018, dia menjabat sebagai komisaris PT Merdeka Copper Gold.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jokowi Umumkan Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini Jadi Menteri Sosial

Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengumumkan nama Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini atau Risma sebagai Menteri Sosial pada reshuffle kabinet menteri hari ini.

"Yang pertama Ibu Tri Rismaharini. Saya kira semua tahu semuanya, beliau adalah Wali Kota Surabaya dan saat ini Ibu Tri Rismaharini kita berikan tanggungjawab untuk menjadi Menteri Sosial," kata Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Selasa (22/12/2020).

Adapun, Jokowi mengumumkan didampingi oleh Wakil Presiden Ma'ruf Amin. Adapun Tri Rismaharini terlihat menggunakan baju putih dengan jaket biru lengkap dengan masker.

"Pada sore ini saya bersama-sama bapak Wakil Presiden ingin mengumumkan menter-menteri baru yang akan duduk di anggota kabinet Indonesia maju," kata Jokowi sebelum mengumumkannya.

Nama Tri Rismaharini disebut Jokowi pertama kali sebagai Mensos pengganti Juliari Batubara.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.