Sukses

Menuju Green Economy, Kementerian PUPR Tanam 176.241 Pohon Bernilai Ekonomis

Kegiatan penghijauan ini bagian dari menuju green economy sesuai arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) .

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rayat (PUPR) menanam pohon bernilai ekonomis secara serentak di semua infrastruktur yang dibangun oleh Kementerian PUPR. Penyelenggaraan acara tersebut dipusatkan di Bendungan Gondang, Karanganyar, Jawa Tengah, Sabtu (5/12/2020).

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, kegiatan penghijauan ini bagian dari menuju green economy sesuai arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai komitmen yang kuat terhadap upaya pembangunan berkelanjutan di Indonesia.

"Sekali lagi Bapak Presiden (Jokowi) sampaikan green economy ini yang akan dijual ke internasional. Kita akan manfaatkan musim penghujan ini untuk melakukan penghijauan di infrastruktur Indonesia khususnya bendungan dan jalan tol," kata dia dalam keterangan tertulis, Sabtu (5/12/2020).

Menteri Basuki menyebutkan, ada sebanyak 176.241 pohon ynag di tanam secara serentak di seluruh ifrastruktur sebagai komitmen terhadap pembangunan berkelanjutan. Rinciannnya, di Lingkungan Direktorat Jenderal (Ditjen) Sumber Daya Air melakukan penanaman sebanyak 54.600 batang pohon yang dilaksanakan oleh 37 Balai, terdiri dari 12 Balai Besar Wilayah Sungai (atau BBWS) dan 25 Balai Wilayah Sungai (atau BWS).

Lalu, di lingkungan Ditjen Bina Marga, kegiatan penanaman pohon dilaksanakan oleh 33 Balai, terdiri dari 7 Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional, dan 26 Balai Pelaksanaan Jalan Nasional.

Jumlah pohon yang akan ditanam sebanyak 41.123 batang pohon di berbagai ruas jalan tol. Selain itu 40 BUJT ikut berpartisipasi melakukan penanaman sebanyak 74.996 batang pohon.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Cipta Karya dan Perumahan

Kemudian, Ditjen Cipta Karya kegiatan penanaman pohon dilaksanakan 28 Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW). Total luas area sekitar 135.932 meter pesergi dan akan ditanami pohon sebanyak 4.402 batang pohon.

Sedangkan di Lingkungan Ditjen Perumahan, penanaman pohon dilaksanakan di lokasi-lokasi Rumah Susun Aparatur Sipil Negara PUPR yang dibangun tahun 2018 – 2020, baik yang sudah selesai dibangun maupun yang sedang dalam tahapan pembangunan sebanyak 1.150 batang pohon.

Terakhir atau di bendungan Gondang sendiri memiliki luas area greenbelt 18,85 ha ditanam sebanyak 1.852 batang pohon. Denis jenis pohon yaitu pohon jengkol, mangga, durian, dan kelengkeng.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.