Sukses

Jatah Jajan Kopi Kekinian Bisa untuk Nabung Emas

Liputan6.com, Jakarta Dahulu untuk memiliki tabungan emas, seseorang harus memiliki kemampuan finansial lebih dari cukup. Karena untuk memiliki emas berbentuk logam mulia atau batangan dengan ukuran 1, 5, 10, hingga 100 gram diperlukan modal yang tidak sedikit. Namun, seiring berjalannya waktu, kini setiap orang bisa memiliki tabungan emas. Sekalipun para pelajar dan mahasiswa yang notabene belum memiliki penghasilan tetap.

Kehadiran instrumen emas digital membuat siapa saja bisa menabung emas dengan modal seminim mungkin bahkan lebih terjangkau dari segelas kopi susu kekinian. Hanya dengan Rp9 ribuan saja, seseorang sudah bisa mulai menabung emas digital. Salah satu perusahaan Fintech yang bisa kamu pilih adalah DANA.

Dompet Digital dari dan untuk Indonesia ini, sejak bulan Agustus 2020 lalu telah memiliki fitur DANA eMAS. Setiap pengguna DANA Premium bisa menabung dan membeli emas mulai dari 0,01 gram atau kurang dari Rp10.000 secara langsung tanpa biaya tambahan. Selain itu, pengguna DANA juga bisa dengan mudah bisa menjual emas digitalnya, kapan saja dan di mana saja selama bisa mengakses aplikasi DANA.

 

CEO dan Co-Founder DANA Vincent Iswara mengatakan, melalui fitur DANA eMAS, pengguna DANA dapat memulai investasinya secara online dengan praktis, mudah dan aman.

"Kehadiran fitur ini merupakan upaya kelanjutan DANA untuk ikut mengedukasi masyarakat mengenai investasi, sekaligus mempercepat inklusi keuangan," ujar Vincent beberapa waktu lalu setelah peluncuran fitur DANA eMAS.

Investasi dan tabungan emas digital di DANA eMas dijamin aman, karena Pluang sebagai mitra DANA untuk mengelola DANA eMAS berada di bawah PT PG Berjangka sudah terdaftar di Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti). Selain itu, emas disimpan dan dijamin oleh Kliring Berjangka Indonesia (KBI).

"Semua transaksi yang terjadi tidak hanya tercatat dalam aplikasi, tapi juga tercatat di badan pemerintah, yakni Bappebti. Sementara fisik emas yang disimpan akan dijamin oleh KBI yang statusnya adalah BUMN," kata Vincent menjelaskan.

 

 

2 dari 3 halaman

Tren Tabungan Emas Terus Meningkat

Status emas sebagai tabungan dan investasi yang memiliki tingkat likuiditas yang sangat tinggi, nilai cenderung naik dan memiliki risiko paling rendah tak perlu diragukan lagi. Tahun 2000 harga emas mencapai Rp71 ribuan per gram, tahun 2010 naik menjadi Rp360 ribuan per gram, dan tahun 2020 ini sudah pernah mencapai Rp1 juta per gram. Nilai emas digital sendiri pun setara dengan emas batangan. Bayangkan jika kamu sudah menabung emas dari sekarang, 5-20 tahun ke kedepan peningkatannya tentu luar biasa.

Tidak mengherankan pengguna DANA yang menabung emas juga meningkat. Tercatat, sejak meluncur beberapa bulan lalu, tren pembelian emas dan jumlah pengguna DANA eMAS terus meningkat.

Terlepas dari pamor emas yang terus berkilau, ada beberapa faktor yang membuat menabung di DANA eMAS semakin diminati dan itulah yang menjadi keunggulan dari DANA e-MAS.

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by DANA - #BikinJadiBiasa (@dana.id)

3 dari 3 halaman

Kelebihan DANA eMAS

Interface Mudah

Di fitur DANA eMAS, kamu bisa mengetahui harga jual dan beli terbaru, grafik harga jual dan beli serta saldo tabungan eMAS baik besaran gram maupun nilai emas dalam rupiah.

Modal Minimal dan Kompetitif

Beli emas digital di DANA eMAS bisa dari denominasi kecil sekitar Rp9 ribuan atau mengikuti harga emas terbaru setiap harinya. Harga eMAS juga lebih kompetitif dibanding beberapa platform penyedia emas digital lainnya.

Metode Pembelian Mudah

Untuk metode pembelian DANA eMAS saat ini  bisa menggunakan Saldo DANA dan BCA OneKlik yang telah tersimpan di aplikasi DANA. Transaksi juga menggunakan PIN atau Password sehingga dijamin keamanannya.

Sudah tahu keunggulan tabungan emas dan DANA eMAS, segera mulai menabung emas untuk bisa meraih keuntungan finansial di masa depan. Bagi kamu yang belum memiliki akun DANA Premium, cukup bermodalkan KTP dan foto diri atau Selfie, kamu bisa memproses kepemilikan DANA Premium.

Informasi lebih lengkap tentang DANA eMAS kamu bisa langsung akses melalui aplikasi DANA dan ikuti media sosial Instagram @dana.id.

 

(*)