Sukses

Ingin Atur Keuangan di Tengah Pandemi? Simak Tips dari AXA Financial Indonesia

Liputan6.com, Jakarta Perusahaan asuransi jiwa AXA mengajak masyarakat masyarakat untuk membuat perencanaan keuangan secara jangka pendek dan panjang. Perencanaan keuangan ini sangat membantu mengatasi berbagai risiko keuangan yang bisa muncul salah satu contohnya di saat pandemi Covid-19 seperti saat ini.

Direktur AXA Financial Indonesia Cicilia Nina mengatakan, setiap harin selalu ada risiko keuangan yang bisa terjadi. Risiko tersebut sangat beragam seperti sakit yang membutuhkan biaya mendadak, mobil rusak yang membutuhkan dana perbaikan dan lainnya.

Oleh sebab itu diperlukan perencanaan yang kuat sehingga bisa menghadapi risiko-risiko tersebut. Perusahaan asuransi AXA pun hadir untuk menyediakan produk yang sesuai dengan kebutuhan nasabah. Sehingga memiliki asuransi adalah pilihan yang sangat tepat terutama dalam kondisi pandemi Covid-19 seperti ini karena sumber pendanaan terjangkau, bebas sengketa, bebas pajak, bebas bea, tepat sasaran dan juga liquid.

Saat kondisi masih Work From Home (WFH) menjadi pilihan yang tepat untuk Anda menyusun dan melihat kembali pendapatan dan pengeluaran yang sudah disusun. Sehingga Anda bisa mengeliminasi beberapa pengeluaran yang mungkin bisa disimpan melalui asuransi.

Ketika berbicara tentang rencana keuangan maka sama seperti berbicara mengenai ketepatan waktu untuk memulai rencana keuangan tiap orang. Tidak ada satu orang pun yang berencana gagal dalam hidupnya tapi yang terjadi gagal dalam membuat perencanaan.

“A goal without a plan is just a wish” menjadi salah satu quotes yang disukai oleh Cicilia Nina. "Jika Anda memiliki tujuan tapi tidak ada perencanaan untuk mencapainya maka hanya menjadi haluan," jelas dia seperti ditulis Jumat (25/9/2020). 

Cicilia pun membagikan langkah atau cara mengatur keuangan saat menghadapi pandemi Covid-19 yakni Risk management, Cash flow management, Investment management, Retirement planning, Education planning, Tax planning, Estate planning.

 

2 dari 3 halaman

Langkah-Langkah

Dalam menyusun perencanaan keuangan, tentunya terdapat beberapa kesalahan atau kendala yang dihadapi banyak orang yakni gagal dalam artian sudah merencanakan namun tidak dijalankan; mulainya telat karena masih ada hari besok sehingga tidak memiliki persiapan yang bagus untuk hari tua nantinya; mengabaikan inflasi; menyimpannya terlalu sedikit, takut untuk memulai investasi, kurangnya proteksi. Sehingga yang perlu dilakukan adalah disiplin untuk menyisihkan dan sisanya untuk digunakan.

“Saat pandemi Covid-19 sendiri AXA memiliki produk asuransi yang bisa ditawarkan bagi Anda yang ingin memulainya yakni pertama asuransi kesehatan, karena pada situasi seperti ini asuransi kesehatan harus dimiliki terlebih dahulu dan yang kedua asuransi untuk buah hati dan masa depan, karena meskipun sedang menghadapi situasi pandemi namun kehidupan Anda tetap harus berjalan,” ujar Yudhistira Dharmawata, Chief of Proposition, Direct Marketing and Partnership of AXA Financial Indonesia.

Reporter: Tasya Stevany

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: