Sukses

Jurus Biar Tak Tekor saat Perjalanan Bisnis

Liputan6.com, Jakarta Perjalanan bisnis bisa menjadi urusan yang sangat mahal. China dan Amerika Serikat sendiri menyumbang hampir USD 600 miliar untuk perjalanan bisnis pada tahun lalu. 

Diperkirakan hampir 16 persen dari semua perjalanan internasional dan 34 persen perjalanan domestik adalah untuk tujuan bisnis. Selain biaya penerbangan itu sendiri, perjalanan bisnis juga termasuk biaya hotel, taksi, dan transfer bandara. 

Semua ini dapat dengan mudah bertambah, terutama jika Anda seorang pelancong bisnis yang kekurangan tenaga. Melansir dari lifehack.org, Sabtu (19/9/2020) berkut 5 cara meminimalkan biaya perjalanan bisnis.

1. Terbang dengan maskapai/aliansi yang sama

Mungkin Anda tergoda untuk menggunakan maskapai penerbangan termurah setiap kali bepergian, tetapi dengan melakukan itu, Anda menyangkal kesempatan untuk mengumpulkan mile frequent flyer

Dengan tetap berpegang pada satu maskapai penerbangan (atau aliansi), Anda dapat dengan cepat mengumpulkan miles maskapai yang dapat ditukarkan dengan penerbangan gratis di masa mendatang.

Ada beberapa hal yang perlu diingat di sini. Pertama, Anda dapat mendaftar ke lebih dari satu program frequent flyer sehingga meskipun terbang dengan maskapai yang berbeda setiap kali, masih bisa mengumpulkan miles. 

Kedua, banyak program frequent flyer yang mengizinkan anggotanya menukarkan miles untuk penerbangan yang telah dilakukan. 

Jadi jika Anda telah menggunakan maskapai beberapa kali baru-baru ini, ingatlah untuk mendaftar dan menukarkan miles ini juga.

2. Gunakan parkir Off-Site

Perjalanan bisnis domestik jarang berlangsung lebih dari beberapa hari. Untuk perjalanan singkat seperti itu, menyewa taksi sebagai transportasi ke bandara bisa menjadi mahal. 

Alternatif yang bagus adalah mengendarai mobil Anda sendiri ke dan dari bandara, tetapi dengan tarif parkir harian di sebagian besar bandara utama, ini mungkin juga bukan pilihan termurah. 

Untuk penghematan jangka panjang, ide yang bagus adalah menggunakan layanan parkir di luar lokasi yang berlokasi dekat dengan bandara utama.

Parkir di luar bandara kadang hanya setengah dari harga parkir bandara. Jika Anda menjalankan bisnis dengan 100 perjalanan setiap bulan dan menganggap setiap perjalanan berlangsung selama dua hari, Anda berpotensi menghemat biaya per bulan hanya dengan menggunakan layanan parkir di luar lokasi ini.

 

2 dari 3 halaman

3. Pesan jaringan hotel

Sebagian besar pelancong bisnis mengetahui jarak frequent flyer, dan menggunakannya untuk menghemat uang. 

Para pelancong ini sering kali gagal mendapatkan penghargaan loyalitas serupa dari hotel tempat mereka menginap. Jika Anda adalah seseorang yang bepergian ke seluruh negeri atau dunia, cara yang baik untuk menghemat uang adalah dengan memesan kamar di jaringan hotel, bukan di tempatnya langsung. 

Kesetiaan tersebut tidak hanya membantu Anda menghemat uang, tetapi juga dapat membantu memenangkan bantuan dari manajemen hotel dalam hal kamar pilihan atau fasilitas tambahan.

4. Hindari uang tunai

Cara terbaik untuk menghemat uang adalah dengan menghindari uang tunai sepenuhnya selama perjalanan bisnis. 

Menggunakan kartu perusahaan memberi Anda poin reward yang dapat ditukarkan di masa mendatang untuk pembelian lainnya. Misalnya, kartu Amex secara rutin memberi Anda 1 poin untuk setiap dolar yang dibelanjakan.

Artinya, dua puluh hari di San Francisco akan memberi Anda cukup poin untuk menutupi biaya penerbangan dari San Francisco ke Los Angeles.

5. Buat kalender perjalanan

Tanggal perjalanan Anda mungkin bergantung pada banyak faktor, dan ini mungkin menyulitkan untuk memesan perjalanan sebelumnya. 

Tetapi jika Anda adalah seorang manajer penjualan yang bepergian ke luar negeri untuk sekadar bertemu dengan rekanan regional  atau untuk tetap berhubungan dengan klien Anda, membuat pemesanan pada menit-menit terakhir mungkin berhasil mahal.

Ide yang bagus adalah menyiapkan kalender perjalanan yang dapat Anda bagikan dengan rekan dan klien sebelumnya sehingga mereka dapat menjadwalkan janji temu mereka dengan tepat.

 Kalender perjalanan juga membantu Anda mengidentifikasi waktu perjalanan puncak untuk rute tertentu yang mungkin bisa dihindari. 

Misalnya, perjalanan internasional ke India mungkin mahal selama musim festival lokal di bulan Oktober, sementara perjalanan serupa ke China mungkin mahal selama tahun baru di bulan Februari. Kalender perjalanan membantu Anda mempersiapkan musim mahal seperti itu sebelumnya.

Reporter: Erna Sulistyowati

3 dari 3 halaman

Saksikan video di bawah ini: