Sukses

4 Manfaat Sering-sering Tengok Kondisi Keuangan

Meninjau keuangan pada saat pertengahan tahun sangat penting untuk kelancaran pencapaian tujuan.

Liputan6.com, Jakarta Menyusun rencana keuangan bisa jadi hal tidak mudah tapi juga tidak sulit untuk dilakukan. Mengelola keuangan membutuhkan ketekunan dan kebiasaan, jika sudah terbiasa maka akan terasa lebih mudah dan secara tidak sadar muncul rasa ingin selalu melakukannya.

Dalam menyusun rencana keuangan, tidak lupa juga harus meninjau rencana keuangan Anda pada pertengahan tahun agar dapat membantu mengetahui posisi secara finansial. Ini juga membantu tetap berpegang pada tujuan awal dari menabung dan selalu giat bekerja untuk mencapainya.

Lantas bagaimanakah cara untuk meninjau keuangan pada pertengahan tahun? Mengutip dari freemalaysiatoday, Sabtu (28/8/2020) berikut tips yang bisa Anda ikuti:

1. Menjaga keuangan

Selalu memperhatikan arus masuk dan keluar uang. Lihat anggaran dari awal sampai pertengahan tahun untuk melihat berapa uang masuk yang dimiliki dan berapa uang keluar yang sudah dihabiskan.

 

Saksikan video di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tips Lain

Analisis pola pengeluaran dan rencanakan ke depan untuk menghindari posisi arus kas yang buruk. Meninjau keuangan tengah tahun juga merupakan saat yang tepat untuk mengatur dan memperbarui catatan keuangan.

2. Sesuaikan dengan kebutuhan

Dalam keadaan saat ini perubahan mendadak dalam hidup bisa terjadi, seperti kehilangan pekerjaan, pemotongan gaji, dan lain-lain.

Membagi pengeluaran ke dalam beberapa kategori akan membantu Anda menyesuaikan diri dengan keadaan saat ini. Bagi pengeluaran menjadi tiga kategori yakni:

·   Biaya tetap

·   Biaya variabel

·   Pengeluaran tambahan

3. Pantau kemajuan

Setelah memiliki gambaran akurat tentang uang masuk dan uang keluar, langkah selanjutnya adalah menentukan kesenjangan antara keadaan saat ini dan di mana Anda ingin berada.

Hal tersebut dilakukan agar menemukan bagaimana cara untuk mengatasi jika Anda terjebak di suatu kondisi yang melumpuhkan Anda hingga tidak bisa melakukan hal apapun.

4. Jadwalkan tinjauan tengah tahun dengan perencana keuangan

Setelah menentukan tujuan Anda dan Menyusun strategi untuk mencapainya, Langkah selanjutnya dengan menjadwalkan peninjauan dengan perencana keuangan untuk mendapatkan opsi kedua.

Seorang perencana keuangan dapat membantu menata keuangan Anda, mengindentifikasi status keuangan saat ini dan membantu memetakan jaalan untuk mencapai tujuan.

 

Reporter: Tasya Stevany

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.