Sukses

Diskon Tiket Kereta Sambut HUT ke-75 Tak Bikin KAI Bangkrut

Liputan6.com, Jakarta - PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI menawarkan promo potongan tarif sebesar 25 persen untuk kereta api (KA) jarak jauh mulai 6 sampai 31 Agustus 2020. Dengan adanya promo ini pengguna kereta cukup hanya membayar harga tiket sebesar 75 persen.

Direktur Utama PT KAI Didiek Hartantyo memastikan, kehadiran promo tersebut tidak akan membawa kerugian pada kondisi keuangan perusahaan. Sebab nilai promo yang ditawarkan dianggap telah menutup biaya tetap atau fixed cost.

"Dalam HUT RI 17 Agustus nanti, kita tawarkan promo pengguna dengan hanya membayar 75 persen saja dari harga tiket normal. Promo ini Juga paling tidak telah menutup biaya tetap kita," ujar dia dalam webinar bertajuk Transportasi Untuk Merajut Keragaman, Selasa (11/8).

Didiek mengatakan promo sengaja dihadirkan untuk membangkitkan semangat pengguna atas rasa nasionalisme. Selain itu, adanya potongan harga tiket kereta api juga bertujuan untuk meningkatkan jumlah pengguna jumlah pengguna di era new normal atau kebiasaan baru.

"sehingga harapannya di era new normal ini dapat membangkitkan animo untuk penambahan jumlah pengguna. Adapun batas penumpang kita maksimal tetap 70 persen dari batas angkut total penumpang yang sebelumnya pandemi 100 persen," imbuh dia.

Meski demikian, ia mengimbau seluruh pengguna untuk tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Agar terhindar dari paparan virus Covid-19.

"Kita juga sediakan rapid test di stasiun kereta api tertentu untuk melayani pengguna. Akan tetapi, untuk rapid test lebih baik dilakukan selang satu hari sebelum jadwal keberangkatan demi menghindari antrean," jelasnya.

Reporter: Sulaeman

Sumber: Merdeka.com

 

** Saksikan "Berani Berubah" di Liputan6 Pagi SCTV setiap Senin pukul 05.30 WIB, mulai 10 Agustus 2020

2 dari 5 halaman

KAI Beri Diskon Tiket Kereta Sambut HUT ke-75 RI, Cek Rinciannya

Sebelumnya, PT Kereta Api Indonesia (Persero) memberikan promo diskon tiket KA jarak jauh dan undian berhadiah voucher tiket kereta eksekutif dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun Ke-75 Republik Indonesia.

"Berdasarkan keterangan pers Direktur Niaga PT KAI (Persero) Maqin U. Norhadi, layanan ini merupakan perwujudan dari komitmen Kereta Api untuk Indonesia. KAI memberikan potongan harga dan undian yang menarik bagi para pelanggan kereta api untuk menyemarakkan HUT Ke-75 RI," kata Manajer Humas PT KAI Daerah Operasi 5 Purwokerto Supriyanto dikutip dari Antara, Rabu (5/8/2020).

 

Dalam hal ini, kata dia, pelanggan cukup membayar sampai dengan 75 persen dari harga normal untuk melakukan perjalanan dengan kereta api yang mendapatkan promo karena besaran diskon tiket yang diberikan berbeda-beda.

Ia mengatakan secara keseluruhan ada 13 kereta api yang mendapatkan promo, 9 kereta api di antaranya merupakan KA lintas selatan Jawa atau KA yang melewati wilayah PT KAI Daop 5 Purwokerto, sedangkan 4 KA lainnya lintas utara Jawa.

Menurut dia, 9 kereta api tersebut terdiri atas KA Mutiara Selatan (Gambir-Bandung-Kroya-Malang), KA Turangga (Gambir-Bandung-Kroya-Surabaya Gubeng), KA Bima (Gambir-Purwokerto-Malang), KA Mataram (Pasarsenen-Purwokerto-Solo Balapan), KA Senja Utama Solo (Solo Balapan-Purwokerto-Pasarsenen), KA Wijayakusuma (Cilacap-Surabaya Gubeng-Ketapang), KA Sawunggalih (Pasarsenen-Purwokerto-Kutoarjo), dan KA Pasundan (Kiaracondong-Kroya-Surabaya Gubeng).

Sementara itu 4 KA lintas utara Jawa yang mendapatkan promo terdiri atas KA Harina (Bandung-Semarang-Surabaya Pasarturi), KA Sembrani (Gambir-Semarang-Surabaya Pasarturi), KA Argo Bromo Anggrek (Gambir-Semarang-Surabaya Pasarturi), dan KA Matarmaja (Pasarsenen-Semarang-Malang).

"Tarif promo yang diberikan sangat menarik. Contohnya, tiket KA Turangga yang sebelumnya Rp630.000, setelah mendapat diskon menjadi Rp470.000, KA Bima dari Rp650.000 menjadi Rp490.000, KA Matarmaja dari Rp240.000 menjadi Rp150.000, dan Pasundan dari Rp230.000 menjadi Rp170.000," jelasnya.

3 dari 5 halaman

Tanggal Berlaku Promo

Supriyanto mengatakan promo tersebut berlaku untuk perjalanan KA pada 6-31 Agustus 2020 dan tiket yang mendapatkan promo jumlahnya terbatas serta dapat dipesan melalui aplikasi KAI Access, laman kai.id, dan seluruh mitra resmi penjualan tiket KAI lainnya.

Selain itu, kata dia, pelanggan yang menggunakan KA Promo HUT Ke-75 RI tersebut dan berangkat pada tanggal 17 Agustus 2020 berhak mengikuti undian dengan hadiah "voucher" tiket KA.

"KAI menyediakan 17 'voucher' tiket pada masing-masing KA Promo HUT Ke-75 RI yang dapat digunakan untuk naik kereta api kelas eksekutif ke semua jurusan secara gratis," katanya.

Menurut dia, berbagai promo menarik tersebut bertujuan untuk memberikan peningkatan pelayanan kepada pelanggan dan diharapkan minat masyarakat terhadap layanan kereta api makin meningkat dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Ia mengatakan PT KAI (Persero) pada masa adaptasi kebiasaan baru tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat bagi pelanggan yang melakukan perjalanan menggunakan kereta api, yakni pelanggan harus menunjukkan surat bebas dari COVID-19 berupa hasil tes usap atau tes cepat yang masih berlaku selama 14 hari sejak diterbitkan.

"Bagi pelanggan dari daerah yang tidak memiliki fasilitas tes usap atau tes cepat, dapat menunjukkan surat keterangan bebas gejala seperti influenza yang dikeluarkan oleh dokter rumah sakit/puskesmas," tambahnya.

4 dari 5 halaman

Wajib Pakai Masker

Ia mengatakan pelanggan atau penumpang kereta api juga wajib memakai masker, suhu tubuh tidak melebihi 37,3 derajat Celcius, dalam kondisi sehat (tidak demam, batuk, flu, dan sesak napas, red), serta memakai pakaian lengan panjang.

Khusus pelanggan KA jarak jauh, kata dia, diharuskan mengenakan "face shield" selama dalam perjalanan hingga meninggalkan area stasiun tujuan.

Menurut dia, "face shield" bagi pelanggan dewasa akan disediakan KAI, sedangkan bagi yang berusia di bawah 3 tahun membawa "face shield" pribadi. 

5 dari 5 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini: