Sukses

Menteri Edhy Kukuhkan 1.356 Wisudawan Politeknik Kelautan dan Perikanan via Daring

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Edhy Prabowo melantik 1.356 orang wisudawan dari 10 Politeknik dan 1 Akademi Komunikasi KP Lingkup KKP secara daring, hari ini, Senin (10/8/2020).

"Pada hari ini saya kukuhkan lulusan politeknik dan akademi komunitas kelautan dan perikanan sejumlah 1.356 orang (...) dengan segala hal dan kewajibannya," ujar Edhy dalam tayangan virtual.

Secara rinci, wisudawan terdiri dari 33 orang dengan gelar Magister Terapan Perikanan, 448 orang dengan gelar Sarjana Terapan perikanan, 826 orang dengan gelar Ahli Madya Perikanan dan 49 orang dengan gelar Ahli Pratama Perikanan.

Adapun 10 politeknik dan 1 akademi yang dimaksud ialah Politeknik Ahli Usaha Perikanan, Politeknik Kelautan dan Perikanan Sidoarjo, Politeknik Kelautan dan Perikanan Bitung, Politeknik Kelautan dan Perikanan Sorong.

Kemudian, Politeknik Kelautan dan Perikanan Karawang, Politeknik Kelautan dan Perikanan Bone, Politeknik Kelautan dan Perikanan Kupang, Politeknik Kelautan dan Perikanan Pangandaran.

Serta Politeknik Kelautan dan Perikanan Dumai, Politeknik Kelautan dan Perikanan Jembrana dan Akademi Komunitas Kelautan dan Perikanan Wakatobi.

Kepala Badan Riset dan Sumber Daya Manusia Kelautan dan Perikanan (BRSDM KP) Sjarief Widjaja menyatakan penyelenggaraan pendidikan tinggi di lingkup Kelautan dan Perikanan bertumpu pada 3 capaian kompetensi.

"Pertama pengetahuan, kedua keterampilan dan sikap yang mulia, mereka tidak hanya cerdas tapi juga punya potensi untuk industri serta dibangun karakternya sehingga memiliki kerja keras, berintegritas dan berprestasi," ujar Sjarief.

 

** Saksikan "Berani Berubah" di Liputan6 Pagi SCTV setiap Senin pukul 05.30 WIB, mulai 10 Agustus 2020

2 dari 3 halaman

Tingkatkan Kualitas Perguruan Tinggi

Sjarief melanjutkan, pendidikan yang diselenggarakan tidak hanya mencerdaskan anak bangsa namun memberikan kontribusi meningkatkan taraf kehidupan keluarga dengan latar belakang perikanan dan kelautan, terutama karena 50 persen peserta didik berasal dari latar belakang tersebut.

Pihaknya juga selalu melakukan evaluasi eksternal untuk menilai kelayakan dalam mengupayakan peningkatan kualitas perguruan tinggi yang berkelanjutan.

Adapun hingga saat ini, politeknik dan akademi lingkup KP memiliki beberapa program studi, seperti Teknik Penangkapan Ikan, Permesinan Kapal, Teknik Pengolahan Produk Perikanan, Teknik Kelautan, Budidaya Perikanan, Akuakultur, Mekanisasi Perikanan, Patologi Perikanan, Penyuluhan Perikanan, Agribisnis Perikanan, Konservasi dan Ekowisata Bahari dan program lainnya.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: