Sukses

Ternyata, Ini Penyebab Penyerapan Anggaran Kementerian Kesehatan Rendah

Penyerapan anggaran kesehatan baru mencapai Rp 4,4 triliun atau 5,1 persen dari total anggaran.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto menyatakan penyaluran anggaran di kementerian Kesehatan dilakukan dengan sangat hati-hati dan mempertimbangan risiko moral atau moral hazard. Hal itu yang menjadi penyebab penyerapan anggaran rendah. 

"Kita juga hati-hati sekali karna kita menyangkut moral hazard kami pegang teguh karna ini kan penyerapannya berebda," kata Menkes di Ruang Rapat Banggar DPR RI, Jakarta, Rabu (15/7/2020).

Sebetulnya penyerapan anggaran yang rendah mengindikasikan bahwa pasien dan korban meninggal akibat Covid-19 tidak begitu besar. Sehingga penyarapan dilakukan pihaknya pun tidak begitu optimal.

"Kalo penyerapan kurang kan berarti pasiennya sedikit, santunan juga kalau penyerapan kurang berarti yang meninggal sedikit untuk nakes ya itu berbeda jadi kalo banyak seakali yang sakit juga banyak yang meninggal juga banyak (penyerapannya)," katanya.

Dia melanjutkan, anggaran untuk tenaga kesehatan sendiri sebetulnya terbagi menjadi dua yakni di daerah dan pusat. Di mana insentif nakes di Pusat sebesar Rp 1,9 triliun yang diverifikasi melalui Kemenkes. Sementara untuk di daerah mencapai Rp 3,7 triliun yang terverifikasi di daerah itu sendiri.

"Kami akan berusaha dan berjuang supaya penyerapan anggaran tetap bisa terserap dengan baik namun tidak ingin lapeas dari akuntabilitas dan efeketivitas anggaran," tandas Terawan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sentilan DPR

Sebelumnya, Anggota Badan Anggaran DPR RI dari Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, Dolfie Ofp mempertanyakan kinerja Kementerian Kesehatan dalam upaya penanganan pandemi Covid-19. Menurutnya, serapan anggaran yang masih minim membuat kinerja kementerian yang dipimpin Terawan Agus Putranto belum begitu optimal.

Dia menyebut, penyerapan anggaran kesehatan baru mencapai Rp 4,4 triliun atau 5,1 persen dari total anggaran sebesar Rp 87,5 triliun. Padahal penanganan kesehatan ini sangat penting karena dampak dari pandemi menjalar ke mana-mana.

"Kita ingin tahu kenapa dikasih anggaran Rp 87,5 triliun penyerapannya hanya 5 persen atau sekitar Rp 4 triliun," tanya Dolfie di ruang Rapat Banggar DPR RI, Jakarta.

Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini