Sukses

Gandeng BPJS Ketenagakerjaan, Apindo Luncurkan Program UMKM Akademi

Pelaku UMKM bisa mendapat ilmu membesarkan serta mempertahankan usaha di tengah pandemi Virus Corona.

Liputan6.com, Jakarta - Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) bersama BPJS Ketenagakerjaan meluncurkan program Apindo UMKM Akademi. Program tersebut menjadi wadah bagi pelaku UMKM untuk mendapat ilmu membesarkan serta mempertahankan usaha di tengah pandemi Virus Corona.

Dewan Pengawas BPJS Ketenagakerjaan, Aditya Warman mengatakan, UMKM saat ini memiliki dua pilihan. Pilihannya sederhana yakni melangkah sendiri membangun jembatan mengembangkan usaha atau kedua dibakar sama kompetitor karena kalah saing.

"Kalau UMKM selalu melihat ke belakang dengan cara proses, nggak fokus ke depan. Kemudian tengok ke belakangan lihat spion boleh lah, maka umkm sangat tepat bersama Apindo UMKM. Jadi punya presfektif baru bagaimana kita melewati dan elemen penting mana yang harus kita eksekusi," ujarnya melalui diskusi online, Jakarta, Rabu (17/6).

Aditya menginginkan UMKM Indonesia menjadi tuan rumah di negara sendiri. Bukan hanya ingin didampingi, UMKM harus jadi pemeran utama. Adapun 3 syarat pemeran utama adalah satu, harus punya presfektif terhadap apa yang akan dieksekusi.

"Kedua, dia punya bisnis modal atas apa yang menjadikan usahanya efektif. Ketiga, ini masalah karakter. Ini pilihan harus punya karakter yang baik. Kalau UMKM saja masih mikro, masih kecil tidak punya karakter yang baik maka bisnis modal dan presfektif yang ada hanya mampu membesarkan tapi tidak bisa mampu mempertahankan," jelasnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pertahankan Bisnis

Dia menambahkan, bisnis yang baik itu adalah bisnis yang mampu membesar dan mampu bertahan dalam kondisi apapun. Banyak pelaku bisnis bisa membesarkan tapi mempertahankan bukan hal yang mudah.

"Mempertahankan itu namanya values. Apindo dan Topkarir tentu akan bersama sama mendampingi UMKM untuk mampu bertahan. Kemampuan bertahan ini kalau sudah berjalan satu putaran maka dia akan naik kelas. Kampuan naik kelas itu butuh ekosistem. Mudah mudahan Apindo UMKM ini menjadi ekosistem besar untuk bertumbuh bersama para mentor didunia usaha," tandasnya.

Reporter: Anggun P. Situmorang

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.