Sukses

Kemenkop UKM Siapkan Rp 1 Triliun untuk Modal Kerja Koperasi

Besaran tersebut bersumber dari dana Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN)

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Koperasi dan UKM (Menkop UKM) Teten Masduki menyatakan, pemerintah melalui Lembaga Penyaluran Dana Bergulir (LPDB) Kemenkop UKM tengah menyiapkan dana sebesar Rp 1 triliun yang bakal disalurkan sebagai modal kerja koperasi.

Adapun, besaran tersebut bersumber dari dana Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

"Kita juga mendapatkan Rp 1 triliun untuk LPDB, untuk tambahan modal kerja baru, jadi silakan diajukan saja," kata Teten saat melakukan kunjungan kerja ke Koperasi Cempaka Putih dan Pasar Cempaka Putih di kawasan Jakarta Pusat, Senin (11/6/2020).

Teten melanjutkan, setidaknya ada lebih dari 200 Koperasi Simpan Pinjam (KSP) yang sehat secara bisnis yang berkesempatan mengajukan tambahan modal dengan bunga yang juga kompetitif yaitu sekitar 3 persen.

Kepala LPDB Supomo menyatakan, teknis penyaluran modal kerja dari LPDB ke koperasi nantinya akan berjalan seperti biasa. Namun, kelebihannya terletak pada bunga yang lebih rendah.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Diskusikan dengan Kemenkeu

Pihaknya mengaku tengah mendiskusikan dengan Kementerian Keuangan terkait teknis dan petunjuk pelaksanaan penyaluaran dana ini.

"Kita sekarang lagi godok petunjuk teknisnya dengan Kemenkeu, secara policy memang sudah tapi dananya belum ada di rekening LPDB. Tapi kami siap menampung pengajuan dari koperasi," jelasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.