Sukses

Dirut BCA: Krisis Akibat Corona Mirip Sakit Stroke, Pulihnya Lama

Krisis ekonomi yang ditimbulkan akibat dampak Corona tidak terlalu mematikan. Tetapi untuk memulihkannya membutuhkan waktu yang lama.

Liputan6.com, Jakarta - Direktur Utama PT Bank Central Asia Tbk (BCA) Jahja Setiaatmadja bercerita soal krisis ekonomi yang telah dan tengah dihadapi oleh Indonesia dari waktu ke waktu. Ia menjabarkan kondisi yang terjadi pada krisis moneter 1998, krisis keuangan global 2008 dan krisis akibat pandemi Corona di 2020. 

Jahja mengibaratkan krisis ini dengan penyakit yang biasa diidap manusia. "Mudahnya, saya bandingkan dengan orang yang kena penyakit. Tahun 1998 itu orang yang kena serangan jantung, lalu ditolong, ada program recovery, dan dia bisa back to normal," jelas Jahja dalam diskusi online, Rabu (10/6/2020).

Kemudian, krisis keuangan 2008 dianalogikan seperti orang yang terkena migrain. Dia hanya perlu beberapa obat untuk bisa segera sembuh. Terakhir, krisis ekonomi di 2020 diibaratkannya seperti orang yang terkena troke.

"Recovery akan jauh lebih lama. Stroke memang enggak mematikan langsung, tapi pemulihannya akan lama," katanya.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

BCA Kenal Rush

Jahja juga bercerita, saat krisis moneter 1998 mulai mencuat, IMF memberi saran untuk menutup 16 bank, tepatnya pada November 1997. Saat itu, program penjaminan belum ada.

Akhirnya, penutupan 16 bank ini menimbulkan kepanikan di masyarakat. Mereka kemudian memindahkan dana mereka ke bank-bank besar yang dianggap lebih aman.

"Tapi di awal 1998, ada gejolak politik dan bank swasta kena rumor politik, begitu juga BCA. Orang-orang yang tadinya pindahkan dana ke bank besar langsung panik. Kita rush, lebih dari 35 persen DPK kita ditarik mereka yang panik," kenangnya.

 

3 dari 3 halaman

Tidak Terlalu Mematikan

Berbeda dengan kondisi tahun 1998, menurut Jahja, saat ini krisis ekonomi yang ditimbulkan akibat dampak Corona tidak terlalu mematikan, apalagi program penjaminan sudah terbentuk dengan baik.

"Saat baru dikenalkan program penjaminan, masyarakat yang dananya Rp 2 miliar ke bawah harusnya lebih tenang dan tidak rush," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.