Sukses

Tagihan Listrik Rumah Nagita Slavina Rp 17 Juta per Bulan, Ini Penyebabnya

Liputan6.com, Jakarta - PT PLN Distribusi Jakarta Raya (Disjaya) menemukan penyebab tingginya biaya pembelian token listrik dan listrik yang sering turun di rumah pasangan aktris Raffi Ahmad dan Nagita Slavina.

Sebelumnya, pasangan ini menyampaikan keluhan terkait listrik yang sering turun di hunian mewahnya yang berlokasi di Kawasan Green Andara Residence, Jakarta Selatan melalui media sosial Selasa 2 Juni 2020.

Manager PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Ciputat Sigit Arimurti mengatakan, petugas PLN telah datang dan bertemu langsung dengan Raffi dan Nagita untuk meminta testimoni terkait layanan tambah daya dari 23 kilo Volt Ampere (kVA) ke 33 kVA yang dilakukan pada 27 April lalu.

Petugas pun menerima keluhan dari Nagita Slavina terkait tingginya biaya yang harus dikeluarkan untuk pembelian token listrik, yaitu sebesar Rp 1 juta untuk dua hari atau kurang lebih Rp 17 juta per bulan.

Dia mengungkapkan, besar biaya konsumsi listrik untuk daya listrik yang dimiliki oleh pelanggan masih berada dalam batas wajar. Apalagi, Nagita juga menyebutkan bahwa ada banyak peralatan elektronik di rumahnya, seperti kulkas yang jumlahnya 10 buah.

“Tingginya biaya yang dikeluarkan oleh pelanggan atas nama Raffi Ahmad dengan daya listrik 33.000 VA atau 33 kVA dikarenakan beban pemakaian listrik atau konsumsi listrik yang tinggi juga. Bisa jadi dikarenakan banyak peralatan elektronik atau penggunaan beberapa alat elektronik dengan daya yang besar,” kata Sigit, di Jakarta, Rabu (3/6/2020).

Sigit menambahkan, untuk mengatasi kendala terkait token listrik yang harus diinput berkali-kali, disarankan pelanggan membeli token listrik sejumlah pemakaian selama sebulan.

2 dari 4 halaman

Sering Jepret

Selanjutnya, petugas juga memeriksa panel listrik di rumah pasangan Raffi dan Nagita. Karena berdasarkan keluhan istri Raffi Ahmad tersebut, listrik di rumahnya sering turun alias jepret.

Hasil dari pemeriksaan tersebut, petugas menemukan listrik rumah pasangan tersebut sering turun atau jepret, Hal ini dikarenakan alat bernama Miniature Circuit Breaker (MCB) pada panel listrik pelanggan overload karena pembagian beban listrik yang tidak merata.

Dikarenakan batas kewenangan PLN untuk pasokan listrik pelanggan hanya sampai ke kWh meter, petugas PLN merekomendasikan pasangan tersebut untuk menghubungi instalatir resmi yang tersertifikasi dan terdaftar dalam Asosiasi Kontraktor Listrik untuk melakukan perbaikan pada instalasi rumah pelanggan.

“Saya ingin berterima kasih pada PLN dan PLN Ciputat. Saya merasakan PLN sudah luar biasa memberikan suplai yang luar biasa, di tempat saya (sudah) tidak ada masalah sama sekali. Saya juga mengingatkan kepada semuanya, tetap gunakan listrik dengan bijaksana,” ujar Raffi.

3 dari 4 halaman

Nagita Slavina Pusing Tagihan Listrik Tiap Dua Hari Mencapai Rp 1 Juta

Sebelumnya, dikenal sebagai artis kaya raya, Nagita Slavina rupanya masih uring-uringan ketika biaya listrik di rumahnya mencapai Rp 1 juta selama dua hari.

Ditambah lagi, rupanya listrik di rumah Nagita Slavina dan Raffi Ahmad itu seringkali padam secara tiba-tiba. Membuat mereka terganggu saat beraktivitas di rumah. 

Nagita Slavina membeberkan hal itu melalui video berjudul 'Bagi2 Rezeki Naik Mobil Rafathar, Gigi Pusing Listrik Jepret Mulu! - Janji Suci (31/5/20) P2' yang diunggah di kanal YouTube salah satu stasiun televisi pada Minggu (31/5/2020).

Nagita sampai memanggil pihak PLN ke rumahnya untuk memeriksa listrik karena ia merasa ada yang tak beres. Terlebih mengenai listrik di rumahnya yang seringkali padam.

"Soalnya gini Pak, ini tuh rumah ini tuh ada permasalahannya. Di dalemnya jadi tuh listriknya kalau menurut akal daya saya mah segini harusnya cukup. Di rumah mama saja yang rumahnya gede enggak sampai segini," jelas Nagita kepada petugas PLN.

"Pokoknya enggak jepret saja. Malu pak setiap ada tamu nge-jegrek," sambungnya.

4 dari 4 halaman

Dua Hari Mencapai 1 Juta Rupiah

Lebih lanjut, Nagita menjelaskan perihal biaya listrik di rumahnya yang terbilang fantastis, yakni mencapai Rp 1 juta hanya untuk waktu dua hari. Bila dikalkulasi, jumlahnya mencapai Rp 15 juta untuk satu bulan.

Tentu angka yang fantastis untuk biaya listrik, maka tak heran bila wanita yang akrab disapa Gigi itu uring-uringan mengenai listrik di rumahnya.