Sukses

Daftar Mal yang Terpaksa Tutup karena Wabah Corona

Liputan6.com, Jakarta - Munculnya pandemi virus Corona Covid-19 di Indonesia menyebabkan beberapa pusat perbelanjaan mulai tidak beroperasi. Hal tersebut untuk mengantisipasi kerumunan orang yang berpotensi membuat penyebaran virus semakin besar. 

Wakil Ketua Umum APPBI Alphonzus Widjaja mengakui bahwa beberapa anggota saat ini sudah ada yang menutup operasional pusat perbelanjaan miliknya. Ke depan, akan menyusul beberapa lagi.

Namun, dia memastikan bahwa kondisi ini bukan berarti pengelola menutup total pusat perbelanjaan. Sebab, mereka masih harus melayani kebutuhan berbelanja masyarakat, terutama keperluan pokok sehari-hari.

Dirangkum liputan6.com, Kamis (2/4/2020), berikut ini daftar mal atau pusat perbelanjaan yang sudah tutup untuk sementara waktu: 

1. Plaza Indonesia

Mal yang berada di kawasan Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta, ini menutup sementara layanannya selama dua minggu. General Manager Tenant Comm. Relations, Customer Service & SQA, PT Plaza Indonesia Realty, Stella Kohdong, mengatakan waktu terhitung dari tanggal 25 Maret – 3 April 2020.

Meski dinyatakan ditutup sementara, Plaza Indonesia tetap akan membuka lantai basement, Seperti TheFoodHall Supermarket, Pharmacy: Guardian, GNC, Century & Natural Farm, Maybank, Money Changer: BBC & Dua Sisi, Semua ATM di LEVEL BASEMENT, dengan jam operasional mulai pukul 11.00 WIB hingga pukul 17.00 WIB.

2. Grand Indonesia

Mal yang ada di samping Plaza Indonesia ini juga mengumumkan resmi tutup sementara mulai tanggal 29 Maret - 8 April 2020.

3. PT Metropolitan Land Tbk (Metland)

Metropolitan Land  menutup sementara unit komersial khususnya mal yaitu Metropolitan Mall Bekasi, Grand Metropolitan dan Metropolitan Mall Cileungsi.

Direktur PT Metropolitan Land Tbk Olivia Surodjo mengatakan penutupan operasional mal dilakukan selama 12 hari mulai tanggal 27 Maret hingga 7 April 2020 demi mencegah penyebaran virus corona (COVlD-19).

4. Summarecon Mall

Summarecon Mall menutup sementara operasional mal dilakukan serentak mulai Rabu, 25 Maret hingga 7 April 2020. Penutupan dilakukan di Summarecon Mall Serpong, Sumamrecon Kelapa Gading dan Summarecon Mall Bekasi.

5. Mal di Kota Depok

Mal di Kota Depok Jawa Barat tutup sementara selama dua minggu. Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperdagin) Kota Depok, Zamrowi Hasan mengatakan beberapa mal yang telah tutup, yaitu Depok Town Square (Detos), Trans Studio Cibubur, Margo City, ITC Depok, Pesona Square, dan Cimanggis Square.

Dia menjelaskan, Detos dan Trans Studio Cibubur ditutup sejak 27 Maret hingga 9 April dan Margo City pada 29 Maret hingga 11 April 2020. Kemudian diikuti ITC Depok dan Cimanggis Square sehari kemudian atau 30 Maret 2020 hingga 13 April 2020.

6. Tangerang city Mall

Tangerang city Mall tutup sementara per 29 Maret hingga 29 Mei 2020. Hal itu disampaikan oleh Direktur Tangcity Mall Norman Eka Saputra, sebelumnya penutupan dilakukan secara bertahap, dengan menghentikan operasionalnya di lantai 2 pada 27 Maret lalu.

Seperti wahana rekreasi Funworld, bioskop Cinema XXI, tenant kuliner di Rame Rame Food Carnival serta pelayanan publik oleh Gerai SIM, Samsat, dan Gerai Imigrasi.

7. Plaza Medan Fair

Mal di Medan juga tutup, yaitu Plaza Medan Fair, tutup sementara mulai tanggal 1 April 2020. Mal akan kembali buka pada tanggal 15 April 2020.

Marketing Communication (Marcomm) Manager Plaza Medan Fair, Lenny Yun Manalu mengatakan, dengan menutup sementara operasional mal, diharapkan dapat mengurangi mobilitas dan melindungi masyarakat dari dampak COVID-19.

8. Sun Plaza Medan

Sun Plaza Medan juga tutup sementara mulai 1 April 2020 dan akan buka kembali 15 April 2020.

9. Binjai Supermall

Binjai Supermall, juga tutup untuk sementara waktu. Periode penutupan sementara Binjai Supermall sama dengan Plaza Medan Fair dan Sun Plaza, 1 April 2020 dan buka kembali 15 April 2020.

Marcomm Manager Binjai Supermall, Diniasih menyebut, dengan menutup sementara operasional mal terkait virus Corona COVID-19, pihaknya berharap dapat mengurangi mobilitas warga. Pihaknya juga mengajak masyarakat tetap berpikir positif.

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Lebih 200 Mal di Amerika Serikat Tutup Sementara untuk Mencegah Corona COVID-19

Sebelumnya, Simon Property Group, operator mal terbesar di Amerika Serikat mengumumkan pada Rabu, 18 Maret 2020, bahwa sementara akan ditutup.

Penutupan tersebut sebagai upaya untuk mencegah penyebaran corona COVID-19. Pihak perusahaan menyebutkan penutupan lebih dari 200 mal itu akan berlangsung selama 12 hari. 

"Kesehatan dan keselamatan pembeli, pengecer dan karyawan kami sangat penting dan kami mengambil langkah ini untuk membantu mengurangi penyebaran COVID-19 di komunitas kami," David Simon, Ketua, Kepala Eksekutif dan Presiden Simon Property Group kata dalam rilis, seperti dikutip dari Business Insider, Kamis (19/3/2020).

Perusahaan mengkonfirmasi bahwa seluruh malnya ditutup pada pukul tujuh malam pada Rabu, 18 Maret 2020. Penutupan akan berlangsung hingga 29 Maret 2020.

Pihak Simon menambahkan bahwa mereka mengambil keputusan menutup mal itu setelah "diskusi ekstensif" dengan pejabat federal, negara bagian, dan lokal.