Sukses

HIPMI Minta Pengusaha Tak PHK Karyawan Akibat Pandemi Corona

Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) mengimbau para pelaku usaha tetap menjalankan usaha dan mempertahankan produktivitas.

Liputan6.com, Jakarta - Di tengah meluasnya penyebaran virus corona, Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) mengimbau para pelaku usaha tetap menjalankan usaha dan mempertahankan produktivitas. Namun tetap mempertimbangkan keamanan, kebersihan, dan dampak penyebaran virus covid 19.

"Ini untuk menjaga kestabilan ekonomi nasional," kata Ketua Bidang Kemaritiman, Pertanian, Kehutanan & Lingkungan Hidup Badan Pengurus Pusat (BPP) HIPMI, Robert Muda Hartawan dalam siaran pers yang diterima Merdeka.com, Jakarta, Sabtu (21/3).

Robert mengimbau pelaku ekonomi nasional tidak mengambil kebijakan yang mencederai ketahanan ekonomi nasional. Misalnya dengan melakukan PHK tenaga kerja besar-besaran yang akan meningkatkan pengangguran.

Dia melanjutkan, situasi sulit karena virus corona akan akan dilalui bersama-sama. HIPMI akan berjuang keras mempertahankan usaha setiap anggota, supaya terus berjalan dan tidak ada PHK.

"Kita juga berharap pemerintah bisa membantu pengusaha muda," kata Robert,.

Dia berpesan kepada seluruh pelaku ekonomi nasional untuk tidak mengambil keuntungan sesaat. Misalnya dengan menimbun bahan pokok atau kebutuhan masyarakat dengan tujuan agar dapat menjual dengan harga tinggi di masa yang akan datang.

Kemudian, para stakeholder ekonomi nasional baik pengusaha, buruh, pemerintah, UMKM diminta mengedepankan kepentingan nasional diatas kepentingan pribadi dalam mengambil keputusan dan bertindak. Sebaliknya para stakeholder harus bekerja bersama untuk menciptakan kondisi dan solusi yang saling menguntungkan (win-win solution) ketimbang berselisih.

"Bersama-sama kita semua bisa menghadapi situasi yang sangat tidak menentu ini," ucapnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dampak Virus Corona

Beberapa pengusaha sudah merasakan dampak Covid-19. Menurutnya, sektor yang terkena dampak paling parah dari Covic-19 yaitu pariwisata. Seperti misalnnya event-event, restoran, dan perhotelan.

"Kalau restoran sepi, distributor atau supplier juga drop," katanya.

HIPMI mengimbau kepada pemerintah untuk fokus dengan pos nya masing-masing. Seperti kredit, tidak semua UMKM menggunakan KUR walaupun usahanya kecil.

"UMKM juga tapi kreditnya bukan kredit KUR. itu juga perlu dipikirkan oleh pemerintah atau perbankan," ungkapnya.

Dia berharap, pemerintah pusat dan daerah fokus mengatasi penyebaran virus corona supaya cepat terkendali. Tak lupa mendukung pengusaha khususnya pengusaha muda melalui stimulus ekonomi yang terbaik, baik dari sisi perpajakan, kredit/cash flow, maupun keringanan beban operasional dari aspek listrik atau air yg menjadi milik negara.

"Stimulus diperlukan dalam jangka waktu menyesuaikan kondisi mungkin bisa satu tahun. Kemudian ketahanan pangan perlu sekali diperhatikan," harapnya.

Reporter: Anisyah Al Faqir

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.