Sukses

Trik Berhemat yang Unik tapi Manjur, Mau Coba?

Liputan6.com, Jakarta Mengatur keuangan selalu menjadi poin penting yang tidak bisa diabaikan. Ada banyak kebutuhan yang harus dipenuhi dengan baik, sehingga pengelolaan keuangan yang tepat akan selalu diperlukan.

Jika Anda termasuk orang yang peduli akan hal ini, tentu sudah tak asing lagi dengan bujet bulanan. Menyusun anggaran dengan baik menjadi salah satu langkah cerdas yang bisa dilakukan untuk mengelola keuangan yang sehat.

Selain itu, berhemat tentu menjadi hal wajib lainnya agar keuangan terjaga. Ada banyak cara berhemat yang bisa dilakukan dalam keuangan.

Tak harus melulu dengan cara-cara ekstrim, beberapa kebiasaan simpel bahkan bisa saja membuat Anda berhemat. Tak sulit, begini cara berhemat unik tapi manjur menjaga keuangan sehat, seperti dikutip dari Cermati.com.

1. Selalu Bawa Bekal Air Minum Saat Bepergian

Ini salah satu kebiasaan sehat dan sekaligus hemat yang wajib Anda jalankan di dalam aktivitas sehari-hari. Membawa air minum sendiri akan membiasakan Anda lebih mudah untuk selalu minum kapanpun menginginkannya. Selain itu, Anda akan menghemat banyak uang, sebab tidak perlu membeli air minum dalam kemasan lagi.

2 dari 6 halaman

2. Membawa Bekal Makan Siang ke Kantor

Bekerja di kawasan perkantoran yang padat, biaya makan siang seringnya cukup mahal setiap harinya. Harga makanan di kawasan seperti ini tidak bisa dibilang murah dan akan menghabiskan banyak uang Anda setiap bulannya.

Daripada repot mencari makan siang di sekitar tempat kerja, membawa bekal makan siang sendiri dari rumah tentu akan menjadi pilihan yang bijak. Selain menghemat uang, Anda juga akan menghemat tenaga di waktu karena tak perlu kesana-kemari mencari makan siang.

3. Mengumpulkan Kupon Belanja dan Manfaatkan

Tidak semua orang menyukai hal-hal yang berbau hadiah, apalagi jika harus ditukarkan terlebih dahulu. Kumpulkan kupon belanja seperti ini dan manfaatkan dengan maksimal.

Tukarkan kupon tersebut dan dapatkan hadiahnya. Jangan salah, bisa saja Anda mendapatkan hadiah yang menarik dari kupon-kupon ini, bukan?

3 dari 6 halaman

4. Mengikuti Lomba Gratis

Bagi Anda yang senang dengan berbagai aktivitas yang berbau kompetisi, maka mengikuti lomba gratis juga bisa menjadi pilihan cara untuk berhemat. Pilih lomba yang sesuai dengan minat, sehingga Anda bisa menikmatinya sambil bersenang-senang.

Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan hadiah gratis dari lomba-lomba seperti ini. Buat sebaik mungkin karya yang dilombakan dan dapatkan hadiahnya.

5. Selalu Cari Diskon untuk Belanja

Ini salah satu langkah paling cerdas yang bisa membuat Anda menghemat banyak uang sekaligus. Jangan hanya berpatokan pada satu supermarket saja, sebab ada banyak toko belanjaan di luar saja yang kerap memberikan penawaran harga murah bagi konsumennya.

Cari informasi yang akurat tentang hal ini dan dapatkan semua kebutuhan Anda dengan harga yang paling murah di pasaran. Jadi, selalu cari diskon untuk belanja sudah pasti bikin lebih berhemat karena bakal mendapatkan harga murah.

4 dari 6 halaman

6. Daur Ulang Baju Lama

Tidak harus selalu membeli pakaian baru, apalagi jika Anda sudah memiliki banyak pakaian di lemari. Bosan dan ingin pakaian dengan desain berbeda, manfaatkan keahlian Anda dalam bermain benang dan jarum.

Desain ulang baju-baju lama Anda menjadi lebih menarik dan kekinian. Sehingga Anda bisa mendapatkan model baju yang kekinian meski terbuat dari daur ulang baju yang sudah lama tak terpakai.

7. Manfaatkan Kado yang Anda Diperoleh

Hadiah yang diterima memang tak selalu seperti yang diharapkan, bahkan bisa saja tidak diinginkan sama sekali. Meski begitu, menyimpannya saja tentu bukan keputusan yang tepat.

Jika sewaktu-waktu dibutuhkan, manfaatkan kembali hadiah yang Anda terima sebagai kado untuk teman atau kerabat. Ini akan menghemat biaya, ketika Anda ingin membelikan kado buat seseorang.

5 dari 6 halaman

8. Beli Pakaian Saat Ada Bazaar Murah

Bazaar menjadi momen tepat untuk menghemat, sebab Anda bisa mendapatkan harga yang murah dan sangat bersahabat. Manfaatkan momen ini untuk mendapatkan pakaian baru dengan harga yang tetap murah. 

9. Nonton TV dengan Mematikan Lampu

Saat menonton memang akan lebih nyaman jika lampu dimatikan saja, termasuk saat Anda ingin menikmati tayangan favorit Anda di TV. Selain nyaman, kebiasaan ini juga akan menghemat biaya listrik di rumah Anda.

Kebiasaan Hemat itu Mudah Dilakukan

Menghemat pengeluaran merupakan hal yang lazim dilakukan di dalam keuangan, bahkan sebagian besar orang memiliki kebiasaan tersendiri terkait dengan hal ini. Tidak selalu sulit, berbagai langkah mudah juga bisa Anda lakukan untuk menghemat pengeluaran. Miliki kebiasaan hemat dan terapkan di dalam kehidupan sehari-hari, agar Anda bisa menyimpan lebih banyak uang setiap bulannya.

6 dari 6 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Hal Unik dan Menarik Tentang Hari Rabu, Baca Sampai Selesai!
Artikel Selanjutnya
Suka Rumah Banyak Pohon? Cari Tahu Dulu Untung-ruginya