Sukses

5 Tips Praktis Memperbaiki Kondisi Keuangan

Liputan6.com, Jakarta - Beberapa buku bisa menjadi salah satu acuan mengatur keuangan. Seperti buku kedua karya Jen Sincero, berjudul You Are a Badass in Making Money. Buku ini berisi mengenai cara mengelola keuangan, dan keluar dari zona nyaman agar bisa menghasilkan uang, dan memperoleh uang yang diinginkan.

Sebagai penulis, ia mengaku memiliki pengalaman yang berat untuk mencapai kesuksesan hingga saat ini. Ia pun memantapkan diri untuk mendalami profesi sebagai penulis. Akhirnya beberapa tahun kemudian, Sincero menjadi penulis terlaris di New York Times.

Maka, ia pun ingin membagikan cara bisa mencapai kesuksesan dan mendapatkan kondisi finansial yang baik saat ini. Seperti dilansir dari laman Business Insider, berikut beberapa tips praktis yang bisa diterapkan yang dalam proses memperbaiki finansial:

1. Perjelas Tujuan Keuangan 

Sincero mengatakan bahwa Anda harus memiliki tujuan keuangan. Maksudnya seberapa banyak target uang yang ingin dimiliki, dan akan digunakan untuk hal apa saja.

Anda bisa membuat rincian rencana seperti menabung, untuk cicilan rumah, melunasi hutang, atau merencanakan untuk liburan.

2. Bersedia untuk Berubah

Jika Anda menghasilkan lebih banyak uang daripada yang Anda hasilkan saat ini. Anda harus bersedia membuat beberapa perubahan dalam hidup Anda, agar keluar dari zona nyaman.

Sincero percaya bahwa kita berperan dalam menciptakan situasi keuangan saat ini, dengan mengikuti pola perilaku yang sama berulang kali.

Ini bisa berarti bekerja di pekerjaan yang sama selama bertahun-tahun, tanpa meminta kenaikan gaji atau terus-menerus menghabiskan uang untuk berbelanja, Anda akan merasa jenuh, maka harus bersedia untuk berubah.

3. Ambil tindakan tegas

Sincero merekomendasikan memulai dengan membuat rencana. Ini tentang bagaimana Anda berniat untuk memenuhi tujuan dan kemudian memecah rencana itu menjadi langkah-langkah tindakan.

Misalnya, mengambil pekerjaan kedua di bidang lain, atau mempekerjakan seseorang di bawah Anda untuk membantu Anda menangani lebih banyak bisnis.

4. Berinvestasi 

Sincero adalah orang yang sangat percaya, bahwa Anda harus mengeluarkan uang untuk menghasilkan uang. Agar mendapatkan timbal balik dari pengorbanan yang dikeluarkan.

5. Jangan Menyerah

Kiat terakhir Sincero sederhana: Jangan menyerah. Sekali lagi, ia mengakui bahwa jalan untuk mengubah situasi keuangan Anda tentu tidak mudah.

Namun, jika Anda memiliki kegigihan untuk terus berusaha dan tetap fokus pada tujuan, dia percaya bahwa setiap orang memiliki apa yang diperlukan untuk menciptakan perubahan nyata dan abadi dalam hidup mereka.

 

Loading
Artikel Selanjutnya
Unik dan Menarik, Ini Daftar Novel Romansa dengan Tokoh Utama Seorang Difabel (II)
Artikel Selanjutnya
Unik dan Menarik, Ini Daftar Novel Romansa dengan Tokoh Utama Seorang Difabel (I)