Sukses

Simak Tips Atur Keuangan bagi Wirausahawan

Simak tips keuangan bagi wirausahawan.

Liputan6.com, Jakarta Bergelut di dunia usaha sangat kompetitif. Sebab itu semua orang harus menyiapkan rencana  bisnisnya dengan baik. 

Namun sebagai pengusaha tak hanya harus memikirkan kondisi di bisnis yang digeluti. Namun juga harus mempertimbangkan keuangan bagi diri sendiri atau keluarga. Seperti dana pensiun di hari tua atau kebutuhan lainnya.

Berikut lima tips terbaik yang bisa diterapkan oleh wirausahawan, untuk mengelola keuangan seperti mengutip laman entrepreneur.com:

· Tetapkan Tujuan Finansial

Pikirkan nominal target tabungan yang akan dikumpulkan. Tabungan tersebut, kelak bisa digunakan untuk berlibur atau membeli rumah. Berusahalah belajar untuk menyisihkan uang setiap bulan untuk menabung.

· Atur Anggaran

Sesuaikan antara penghasilan dengan pengeluaran biaya hidup. Pilih kebutuhan yang sangat diprioritaskan. Cara gampangnya dengan membagi penghasilan 50/30/20.

Sebanyak 50 persen untuk dana kebutuhan, 30 persen untuk keinginan, dan 20 persen untuk tabungan. Hal tersebut, bisa melatih diri agar tetap konsisten dalam membagi pengeluaran.

· Pintar Melihat Peluang Investasi

Pertimbangkan waktu yang tepat, kapan membeli hal yang besar dengan pengeluaran yang besar, seperti membeli rumah.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tips Lain

 

· Rencanakan Pensiun

Menabunglah sebanyak-banyaknya, agar bisa menargetkan dan memutuskan pensiun di usia yang diinginkan. Banyak wirausahawan muda yang bekerja keras, dan pensiun di usia 20-an, 30-an, atau 40-an.

· Terus Belajar

Banyak wirausahawan yang bingung dalam mengelola bisnis. Masih banyak hal yang harus dipelajari, yaitu istilah, akronim, implikasi hukum dan langkah yang harus diambil. Dari kebijakan asuransi jiwa hingga akun pasar uang, dan lainnya. 

 Agar tidak bingung, lakukan konsultasi dengan ahli seperti akuntan atau penasihat keuangan. Supaya keuangan sebagai wirausahawan dapat terkelola dengan baik.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini