Sukses

3 Tips Mengatur Keuangan dengan Benar

Ternyata tidak sulit untuk membuat anggaran yang sederhana dan realistis.

Liputan6.com, Jakarta Banyak orang yang diketahui tidak memiliki anggaran bulanan sebagai panduan mengelola keuangan mereka. Sebagian besar mengatakan hal itu karena merema tidak tahu cara membuatnya.

Tiffany Aliche, Pakar Keuangan Pribadi dan pendiri The Budgetnista, seperti mengutip laman CNBC, mengatakan tidak sulit untuk membuat anggaran yang sederhana dan realistis.

"Saya suka membuat anggaran karena saya melihat anggaran sebagai rencana yang sudah jelas. Apa pun yang Anda inginkan, Anda dapat melihart ke anggaran tersebut," kata Aliche.

Berikut tiga langkah yang direkomendasikan Aliche untuk membantu Anda membuat anggaran, apa saja?

1. Buat daftar semua pengeluaran bulanan

Langkah pertama, adalah mencari tahu apa yang Anda belanjakan. Itu berarti membuat daftar semua pengeluaran, termasuk biaya bulanan tetap, seperti sewa dan utilitas, dan pengeluaran yang lebih bervariasi seperti makanan dan BBM. "Aku suka menyebutnya daftar uangmu. Kutip saya yang itu, ”kata Aliche sambil terkekeh.

Untuk menemukan semua informasi ini, mulailah dengan tagihan kartu kredit dan laporan bank.

Anda mungkin perlu kembali beberapa bulan untuk mendapatkan pegangan atas apa yang secara rutin Anda belanjakan. Ingatlah bahwa ini dapat membantu mengatur pengeluaran Anda ke dalam kategori seperti makanan, belanja, dan tagihan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

2. Cari tahu berapa banyak pengeluaran

 

Setelah Anda memiliki daftar uang yang komprehensif, langkah selanjutnya adalah menghitung berapa banyak yang dibelanjakan untuk setiap item.

Sekali lagi, mungkin mudah untuk mencari tahu pengeluaran seperti hipotek atau pembayaran mobil, tetapi banyak yang mengharuskan Anda untuk melakukan perhitungan dan membuat rata-rata.

3. Hitung berapa banyak gaji digunakan untuk pengeluaran

Aliche suka menyebut langkah "air mata dan tisu". Inilah alasannya: Anda perlu menambahkan semua pengeluaran bulanan rata-rata dan membandingkan totalnya dengan gaji yang dibawa pulang.

"Angka itu mungkin menyebabkan beberapa air mata dan Anda mungkin perlu beberapa tisu," kata Aliche, terutama jika itu lebih dari penghasilan Anda saat ini.

Tapi itu tidak apa-apa karena ini baru permulaan - Anda sedang dalam proses mencari tahu di mana Anda berdiri.

"Jika Anda menemukan bahwa angka itu negatif pada akhirnya, itu berarti Anda menghabiskan terlalu banyak," kata Aliche, menambahkan bahwa perlu menemukan beberapa pengeluaran untuk dipotong agar dapat memerintah dalam pengeluaran bulanan Anda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.