Sukses

Jam Tangan Emas Milik Legenda Golf Jack Nicklaus Laku Rp 13,9 miliar

Liputan6.com, Jakarta - Jam tangan emas, Rolex, milik legenda Golf Jack Nicklaus dijual seharga USD 1 juta atau setara Rp 13,9 miliar. Penjualan berlangsung di sebuah lelang.

Melansir laman CNBC, Rolex yang dijuluki The Golden Bear sudah dipakai Nicklaus selama lebih dari 50 tahun. Penanda waktu ini dijual melalui sebuah lelang yang digelar Phillips bekerja sama dengan Bacs & Russo.

Arloji ini memperoleh status mistis bagi dunia golf dan arloji. Benda itu selalu menghiasi pergelangan tangan Nicklaus saat dia mengangkat piala dan muncul dalam foto yang tak terhitung jumlahnya. Benda ini dianggap sebagai salah satu dari tiga jam tangan paling prestisius dan ikonik dalam dunia olahraga.

Rolex memberi Nicklaus 18 karat emas Rolex 1803 Day-Date sebagai hadiah pada tahun 1967. Dia pun terus memakaianya selama puluhan tahun. Sementara bintang olahraga dan selebritas biasanya menjual jam tangan di pelelangan, dan jarang sekali yang memakai jam tangannya begitu lama.

Jam tangan serupa milik Nicklaus, yang dibuat pada periode waktu serta dalam kondisi yang sama, biasanya hanya laku USD 10 ribu hingga USD 12 ribu.

Nantinya, hasil penjualan jam ini akan disumbangkan ke Yayasan Perawatan Kesehatan Anak Nicklaus, yang bekerja dengan rumah sakit anak di seluruh AS dalam rangka memerangi penyakit anak-anak.

Arloji termahal yang pernah dijual di lelang adalah arloji Patek-Philippe pada lelang amal sebesar USD 31 juta pada bulan November. Sebelum itu, pemegang rekor adalah Rolex Daytona karya Paul Newman, yang dijual dengan harga USD 17,7 juta pada tahun 2017.

Juga ada Rolex GMT-Master baja tahan karat milik Marlon Brando, yang ia tandatangani di bagian belakang dan yang dikenakan saat pembuatan film Apocalypse Now. Itu dijual seharga USD 1,95 juta.

Reporter: Danar Jatikusumo

2 dari 3 halaman

Laku Rp 434 Miliar, Patek Philippe Jadi Jam Tangan Termahal

Arloji Patek Philippe laku terjual hingga USD 31 juta setara Rp 434 miliar (Rp 14.000 per Dolar AS), pada suatu lelang amal di Jenewa, Swiss. Ini menjadikannya arloji termahal yang pernah dilelang.

Seperti mengutip laman CNBC, Selasa (19/11/2019), Jam Patek Philippe Grandmaster Chime Ref. 6300A-010 memecahkan rekor sebelumnya, yang dipegang Rolex Daytona yang pernah dimiliki oleh Paul Newman. Jam tangan ini laku USD 17,7 juta setara Rp 247,8 milliar pada 2017. 

Patek dijual sebagai bagian dari lelang Only Watch di Jenewa, Swiss. Lelang diadakan Christie untuk mendapatkan dana sumbangan penelitian tentang distrofi otot Duchenne.

Pembuat jam termasuk Patek, Audemars Piguet dan F.P. Journe menciptakan dan menyumbang arloji satu-satunya, yang didambakan para kolektor arloji top di seluruh dunia.

Penjualan jam ini turut membantu meningkatkan harga penawaran saat amal, menurut para juru lelang. Namun, hingga kini tak diketahui siapa pembeli jam tersebut.

Patmaster Philippe Grandmaster Chime 6300A-010, merupakan jam satu-satunya dari jenisnya yang dibuat dalam stainless steel.

Memiliki 20 komplikasi, termasuk grande dan petite sonnerie, repeater satu menit, kalender abadi instan dengan tampilan tahun empat digit, dua zona waktu.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Kolaborasi Serasi Jam Tangan dengan Pusat Kebugaran
Artikel Selanjutnya
Gaya Cristiano Ronaldo Pakai Jam Tangan Termahal di Dunia