Sukses

Pengunjung Kini Bisa Masuk Area Check In Terminal 2 Domestik Bandara Soetta

Liputan6.com, Jakarta - PT Angkasa Pura II (Persero) atau AP II menerapkan konsep baru di Terminal 2 Domestik Bandara Soekarno-Hatta. Mulai hari ini, setiap pengunjung, pengantar penumpang atau pengguna jasa lainnya, boleh memasuki area check-in setelah melewati pemeriksaan keamanan pintu masuk gedung terminal atau pre screening di Gate 2, Gate 3 dan Gate 4.

Hal tersebut lantaran Daerah Keamanan Bandar Udara dari Daerah Keamanan Terbatas atau Security Restricted Area, menjadi Daerah Sisi Darat atau Landside Area di Terminal 2D dan 2E. Hal ini dilakukan untuk efektifitas Program Keamanan Bandara atau Airport Security Programme yang mengacu kepada Peraturan Menteri Perhubungan RI Nomor: PM. 80 Tahun 2017 tentang Program Keamanan Penerbangan Nasional.

"Pre screening tersebut dilakukan agar tetap menjamin keamanan semua orang yang berada di dalam gedung terminal, meski telah ditetapkan sebagai daerah publik," tutur Senior Manager Of Branch Communication & Legal Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Febri Toga Simatupang kepada wartawan, Jumat (13/12/2019).

Sebelumnya, yang diperbolehkan AP II untuk masuk ke area tersebut adalah penumpang yang memiliki dokumen angkutan udara atau tiket penerbangan, dan karyawan yang memiliki pas bandar udara yang menggunakan kartu tanda pengenal. Sedangkan bagi pengunjung dan pengantar penumpang hanya diizinkan berada di lobi terminal atau di luar area check-in saja.

"Konsepnya sama seperti yang diberlakukan di Terminal 3. Setiap pengunjung dan pengantar penumpang dapat masuk ke area check-in, dengan terlebih dahulu dilakukan pemeriksaan keamanan terhadap barang bawaannya pada saat memasuki gedung terminal," ujar Febri.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bisa Berbelanja

Febri mengatakan, tak hanya sampai di area check-in, pengunjung dan pengantar penumpang juga diperbolehkan untuk berbelanja atau sekedar makan di tenant yang ada di area Shoping Arcade.

Di Terminal 2D dan 2E, terdapat 76 tenant yang terdiri dari 50 tenant food & beverage dan 26 retail. Diantaranya, Bon Bon Voyage, Blue Sky Lounge, Imperial Kitchen, Warung Soto Nikmat, Starbucks, Coffee Bean, Papa Jack, Bumbu Desa, Kimia Farma, Polo, Angker, Bakmitopia, Bakso Cak Eko, Bakso Afung dan tenant-tenant lainnya.

Tak hanya itu, di Terminal 2 domestik juga terdapat sejumlah spot swafoto (selfie) yang sangat instagramable. Terminal 2D dan 2E sebelumnya merupakan terminal yang digunakan untuk melayani penerbangan internasional.

 

3 dari 3 halaman

CCTV

Untuk menjamin keselamatan dan keamanan penerbangan, setiap barang bawaan penumpang atau bagasi tercatat dilakukan pemeriksaan di area setelah check-in counter. Di terminal 2D dan 2E dilengkapi kurang lebih 120 kamera pengawas atau closed circuit television (CCTV).

"Pemeriksaan keamanan tambahan (pre screening) akan dilakukan terhadap barang bawaan pengguna jasa yang memasuki area check-in, SCP Pintu 2, Pintu 3 dan Pintu 4," tutur Febri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.