Sukses

Gandeng Startup, BRI Kembali Gelar Innovation Lab Program

Liputan6.com, Jakarta - PT BRI (Persero) Tbk mengadakan BRI Innovation Lab Program. Gelaran ini mengambil tema "Business Collaboration to Achieve Financial Integrations".

Dalam gelaran ini, BRI akan merangkul para inovator dan startup untuk bekerjasama dan mendorong terbentuknya inovasi baru dalam mewujudkan keuangan yang terintegrasi.

Innovation Lab Program merupakan gelaran tahunan yang diselenggarakan oleh BRI untuk mengajak berbagai startup di berbagai bidang industri untuk menggali potensi bisnis dan kerja sama yang kolaboratif, inovatif, dan elaboratif antara BRI, BRI grup, dan para pelaku startup.

"Kami sudah melayani 76 juta customer BRI. Dengan adanya event ini kami ingin kolaborasi, mendukung pertumbuhan ekonomi digital," kata Direktur Digital, Teknologi Informasi dan Operasi BRI Indra Sutoyo, di BRI Innovation Center, Jakarta, Selasa (3/12/2019).

Tujuan program ini, agar mendorong munculnya ide-ide baru dalam menjalin kerjasama, antara BRI, BRI grup, dengan startup untuk mewujudkan financial integrated solution dan inkluasi keuangan serta inklusi ekonomi yang saling menguntungkan.

2 dari 3 halaman

BRI Dukung Pemberdayaan Perempuan di Bidang Teknologi

PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) terus menunjukkan komitmennya dalam upaya mendukung inklusi financial dan inklusi ekonomi dengan memanfaatkan teknologi.

Salah satunya melalui keberadaan BRI Satellite (BRIsat) yang telah diluncurkan sejak 18 Juni 2016 lalu di Guyana Perancis. BRIsat menjadikan BRI sebagai bank pertama dan satu satunya di dunia yang memiliki dan mengoperasikan satelit sendiri.

Keberadaan satelit BRI ini menyediakan jaringan komunikasi untuk outlet BRI, ATM, hingga Agen BRILink di seluruh pelosok tanah air. Sebanyak lima puluh empat Transponder Equivalent (TPE) satelit BRIsat telah digunakan untuk keperluan operasional Bank BRI untuk memberikan layanan di 17.700 wilayah termasuk di dalamnya empat TPE untuk pemerintah Indonesia.

Direktur Digital, Teknologi Informasi dan Operasi BRI Indra Sutoyo mengungkapkan, satelit BRI mendorong penyamaan hak bagi seluruh rakyat Indonesia.

"Dengan satelit BRI mampu mengakses masyarakat Indonesia di segala penjuru untuk mendapatkan layanan keuangan. Finansial inklusi bisa terwujud untuk semua orang karena hadirnya satelit BRI,"papar dia dalam keterangan tertulis di Jakarta, Senin (2/12/2019). 

Tidak hanya itu, BRI juga mendorong pemberdayaan perempuan atau women empowerment di bidang teknologi. salah satu Spacecraft Operation and Engineering BRIsat adalah seorang perempuan muda bernama Pratiwi Kusumawardani. Perempuan 26 tahun ini bertugas menjaga supaya orbit satelit sesuai pada posisi yang seharusnya.

Baru-baru ini, alumnus program master teknik penerbangan Institut Teknologi Bandung (ITB) ini mengharumkan nama Indonesia dan BRI dalam program International Visitor Leadership Programme (IVLP) #HiddenNoMore Women In Science Technology Engineering and Math (STEM). Pratiwi terpilih mewakili Indonesia bersama 49 perempuan lainnya dari 49 negara. Yang menarik, pemilihan kandidat program ini sepenuhnya dilakukan oleh pemerintah Amerika Serikat (AS).

“Jadi ini program pemerintah AS untuk 50 peserta dari berbagai negara. Satu negara satu orang. Mereka sendiri yang mencari kandidatnya. Jadi saya tidak apply, tapi tiba-tiba dihubungi pihak US Embassy untuk mengikuti proses selanjutnya. Karena kandidatnya tidak Cuma saya,”jelas alumnus jurusan astronomi ITB tersebut.

Ternyata, Pratiwi yang terpilih mewakili Indonesia mengikuti program yang berlangsung dari 28 Oktober-15 November 2019 tersebut. Yang menarik, dari 50 negara peserta, dia tergolong yang termuda.

“Jadi waktu sampai di sana kaget, karena kebanyakan sudah berusia 30 ke atas. Cuma tiga peserta yang usianya sebaya dengan saya,”katanya.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
BRI Berikan Skema Khusus Pembiayaan Motor Listrik Bagi Pegawai PLN
Artikel Selanjutnya
BRI Beri Skim Khusus Bagi Pegawai PLN yang Beralih ke Motor Listrik