Sukses

Erick Thohir Serahkan 3 Nama Calon Dirut Inalum ke Jokowi

Kekosongan Dirut Inalum lantaran pimpinan perusahaan plat merah tersebut dipercaya Erick Thohir menjadi Wakil Menteri BUMN.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir menyerahkan tiga nama calon Direktur Utama PT Indonesia Asahan Aluminium (Inalum) kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi). Sebelumnya, Erick juga telah menyerahkan nama Direksi Utama PT Bank Mandiri dan PT Bank Tabungan Negara.

“Hari ini kia ajukan Inalum, nanti tunggu keputusannya mungkin satu dua hari,” kata Erick usai rapat Tim Penilai Akhir (TPA) di Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa (12/11/2019).

Erick enggan merinci nama tiga calon Dirut Inalum yang diusulkan kepada Jokowi. Dia juga menolak berkomentar dari mana asal tiga calon tersebut. “Ya tidak bisa ngomong,” ujar Erick.

Sebagai informasi, Jokowi sudah memutuskan nama-nama yang akan menjabat sebagai Direktur Utama PT Bank Mandiri dan PT Bank Tabungan Negara. Erick berharap, keduanya bisa menangani persaingan di dunia perbankan di tengah arus globalisasi.

“Data perbankan kan terbuka pada 2020, modal disetor juga menjadi hal yang signifikan ke depan. Ini yang kami perhatikan,” kata Erick.

Dia melanjutkan, ke depan para dirut harus bisa menyesuaikan model bisnis dengan perkembangan teknologi. Terlebih saat ini sebagian masyarakat banyak yang menggunakan e-payment.

“Di mana-mana sudah cashless, di kantor bank sudah tidak antri, banyak isu yang harus direvisi ulang,” ucapnya.

Reporter: Titin Supriatin

Sumber: Merdeka.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Erick Thohir: Presiden Telah Pilih Nama Dirut Baru Bank Mandiri dan BTN

Sebelumnya, Erick Thohir sudah menyerahkan nama-nama calon Direktur Utama tiga BUMN ke Tim Penilai Akhir (TPA) yang diketuai langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Tiga BUMN tersebut adalah MIND ID, PT Bank Mandiri (Persero) Tbk dan PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk.

Seperti diketahui, kekosongan Dirut di MIND ID dan Bank Mandiri lantaran kedua pimpinan perusahaan plat merah tersebut dipercaya Erick Thohir menjadi Wakil Menteri BUMN, yaitu Budi Gunadi Sadikin dan Kartika Wirjoatmodjo.

Sementara kekosongan pimpinan BTN lantaran usai Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) Suprajarto yang terpilih menyatakan mengundurkan diri.

"Mengingat ke tiga BUMN tersebut sangat strategis, maka proses pemilihannya melalui TPA. Nama-nama sudah kita serahkan ke TPA," kata Erick Thohir dalam keterangannya, Senin (11/11/2019). 

Erick menjelaskan, informasi yang diterima, Presiden Jokowi sudah memilih siapa Dirut Bank Mandiri dan BTN dari nama-nama yang telah diajukan. Hanya saja untuk MIND ID, meski belum dipilih namun hal itu masih proses internal TPA.

Khusus untuk Dirut Bank Mandiri, ditegaskannya, akan diumumkan pada rapat umum pemegang saham (RUPS) pada 8 Desember 2019.

"Masalah siapa yang terpilih, kita tunggu keputusan TPA sampai di Kementerian BUMN," tegas Erick.

Dalam kesempatan ini, Menteri BUMN juga menegaskan, pemilihan Dirut BUMN strategis dilakukan melalui TPA dengan tujuan agar pemilihan lebih transparan dan memiliki integritas yang tinggi, mengingat keputusan langsung dari tangan Presiden Jokowi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.