Sukses

Erick Thohir Kantongi Nama Calon Dirut Bank Mandiri, Kapan Diumumkan?

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir sudah mengantongi nama calon Direktur Utama PT Bank Mandiri Tbk. Dia menyebut sosok tersebut merupakan bagian dari Bank Mandiri saat ini.

"Oh kalau Bank Mandiri sudah, cuma kalau Inalum belum. Yang pasti bekas lulusan atau masih orang Mandiri," ujar Erick saat ditemui di Kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta, Rabu (30/10/2019).

Erick mengatakan, selain Bank Mandiri, sejauh ini dirinya juga tengah mengkaji posisi direktur utama perusahaan BUMN lainnya. Meski demikian, dia menyakinkan perusahaan yang memiliki kinerja bagus tak akan dirombak.

"(Ada evaluasi menyeluruh?) pasti. Saya sudah minta semua direksi BUMN membuat rencana kerja 5 tahun yang akan kita review secara profesional. Di situ kita lihat juga strategi dan bisnis modelnya," jelasnya.

Erick enggan membeberkan hasil evaluasi yang telah terhadap perusahaan-perusahaan pelat merah. "Kalau yang sudah bagus ya kenapa harus diubah. Tetapi kan ini bagian dari profesionalisme. (Hasil evaluasi?) belum. baru lima hari. Masyaallah," tandasnya.

Reporter: Anggun P. Situmorang

Sumber: Merdeka.com

* Dapatkan pulsa gratis senilai jutaan rupiah dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

2 dari 2 halaman

Sulaiman Arif Jalankan Tugas yang Ditinggal Kartika Wirjoatmodjo di Bank Mandiri

PT Bank Mandiri Tbk mengumumkan, posisi Direktur Utama (Dirut) perseroan yang dilepas oleh Kartika Wirjoatmodjo untuk sementara waktu akan diisi oleh Sulaiman Arif Arianto yang berposisi sebagai Wakil Direktur Utama (Wadirut) sampai diselenggarakan Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB).

"Kita kan punya Wakil Dirut kan, Pak Sulaiman. Secara otomatis pelaksanaan tugas dilakukan oleh Wakil Dirut," ujar Direktur Bisnis dan Jaringan Bank Mandiri Hery Gunardi di Plaza Mandiri, Jakarta, Senin (23/10/2019).

Seperti diketahui, Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada 25 Oktober lalu melantik 12 wakil menteri (wamen) untuk Kabinet Indonesia Maju periode 2019-2024. Salah satunya Kartika Wirjoatmodjo yang ditunjuk mendampingi Erick Thohir di Kementerian BUMN. 

Berdasarkan regulasi yang ada, Hery melanjutkan, Sulaiman akan menjabat posisi tertinggi di Bank Mandiri sampai perseroan melaksanakan RUPSLB paling lambat 90 hari pasca penunjukan Kartika jadi Wamen BUMN, yakni 23 Januari 2020.

"Jadi sesuai dengan ketentuan bahwa paling lama 90 hari dari tanggal penunjukan Jumat 25 Oktober itu, Mandiri akan melakukan Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa," tuturnya.

Meskipun saat ini jadi orang tertinggi, ia menegaskan, jabatan Sulaiman tetap sebagai Wadirut Bank Mandiri dan bukan Pelaksana tugas (Plt).

"Enggak. Kan structure-nya gitu, ada Dirut ada Wakil Dirut. Jadi kalau Dirutnya berhalangan ya Wakil Dirutnya lanjut. Tapi sebagai wakil dirut, kan boleh," ungkap dia.

Saat ditanya prediksi siapa kelak yang akan menjadi Dirut, Hery belum bisa menjawabnya. "Belum tahu. Tanyanya ke pemegang saham," tandasnya.

Loading
Artikel Selanjutnya
PKS Ingin Cawagub DKI dari Gerindra Ikut Fit and Proper Test
Artikel Selanjutnya
PKS: Nurmansyah Lubis Berpotensi Jadi Wagub DKI