Sukses

Laku Rp 434 Miliar, Patek Philippe Jadi Jam Tangan Termahal

Jam Patek Philippe Grandmaster Chime Ref. 6300A-010 memecahkan rekor sebelumnya, yang dipegang Rolex Daytona.

Liputan6.com, Jakarta Arloji Patek Philippe laku terjual hingga USD 31 juta setara Rp 434 miliar (Rp 14.000 per Dolar AS), pada suatu lelang amal di Jenewa, Swiss. Ini menjadikannya arloji termahal yang pernah dilelang.

Seperti mengutip laman CNBC, Selasa (19/11/2019), Jam Patek Philippe Grandmaster Chime Ref. 6300A-010 memecahkan rekor sebelumnya, yang dipegang Rolex Daytona yang pernah dimiliki oleh Paul Newman. Jam tangan ini laku USD 17,7 juta setara Rp 247,8 milliar pada 2017.

Patek dijual sebagai bagian dari lelang Only Watch di Jenewa, Swiss. Lelang diadakan Christie untuk mendapatkan dana sumbangan penelitian tentang distrofi otot Duchenne.

Pembuat jam termasuk Patek, Audemars Piguet dan F.P. Journe menciptakan dan menyumbang arloji satu-satunya, yang didambakan para kolektor arloji top di seluruh dunia.

 

Penjualan jam ini turut membantu meningkatkan harga penawaran saat amal, menurut para juru lelang. Namun, hingga kini tak diketahui siapa pembeli jam tersebut.

Patmaster Philippe Grandmaster Chime 6300A-010, merupakan jam satu-satunya dari jenisnya yang dibuat dalam stainless steel.

Memiliki 20 komplikasi, termasuk grande dan petite sonnerie, repeater satu menit, kalender abadi instan dengan tampilan tahun empat digit, dua zona waktu.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dua Jam Tangan Rolex Jadi Barang Termahal yang Pernah Dijual

Biasanya jam tangan merek Rolex dijual dengan kisaran harga USD 15 ribu atau Rp 212 juta hingga Rp 283 juta (1 USD = Rp 14.166).

Berbeda dengan beberapa jam tangan Rolex yang dijual di pasar barang bekas. Beberapa jam bisa dijual dengan harga 10 hingga 100 kali lipat.  Seperti jam bekas digunakan pemain legenda di Hollywood yaitu Marlon Brandon.

Bagi kolektor jam tangan vintage, jam tersebut mungkin saja tetap akan dibeli guna memiliki bagian besar dari sejarah jam tangan.

"Dengan sumber selebriti, Anda dapat mengharapkan premi signifikan yang akan dibayarkan seorang kolektor," jelas Paul Boutrous kepala dari penjualan jam tangan, seperti melansir dari CNBC, Senin (21/10/2019)

Tidak hanya Marlon Brandon, jam bekas milik Jak Nicklaus, mantan juara golf juga dihargai mahal.

Ketenaran para selebriti seakan menjadi magnet membuat beberapa model arloji yang dulunya tidak dicari, menjadi benda paling mahal.

Jam tangan tersebut adalah dua dari jam tangan teratas yang telah dijadwalkan untuk diikuti pelelangan pada bulan Desember.

"Ini adalah penjualan yang didedikasikan untuk orang-orang yang telah mengubah permainan dalam pembuatan jam," tutup Paul.

Reporter: Chrismonica

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini