Sukses

Cerita Anak SD Pilih Jadi Youtuber Ketimbang Menteri Keuangan

Menkeru Sri Mulyani baru saja mengajar di Sekolah Dasar (SDN) Kenari 01, Jakarta Pusat

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengaku terkesima ketika mendengar berbagai jawaban dari anak-anak sekolah dasar. Hal itu disampaikannya usai mengajar di Sekolah Dasar (SDN) Kenari 01, Jakarta Pusat, Senin (4/11).

Sri Mulyani menceritakan, ketika memberikan materi terkait pengelolaan keuangan negara, dirinya sempat melontarkan pertanyaan kepada siswa-siswi mengenai minat mereka menjadi Direktur Jenderal Pajak ataupun Menteri Keuangan. Namun, tak ada satupun dari siswa-siswi tersebut berminat.

"Ditanya mau jadi Dirjen Pajak, mau jadi Menteri Kuangan? Tidak mau mereka, mereka maunya jadi Youtouber, jadi atlet internasional, jadi pilot jadi pengusaha sukses," kata Sri Mulyani.

Kedatangan Sri Mulyani untuk menjadi guru merupakan bagian dari rangkaian acara peringatan Hari Oeang 2019 yang digelar Kementerian Keuangan. Dalam acara ini, Kementerian mengajak para pegawainya untuk menjadi relawan mengajar bagi anak-anak sekolah.

Kegiatan relawan dari Aparatur Sipil Negara (ASN) Kementerian Keuangan ini digelar secara serentak di Indonesia. Acara ini digelar di 27 provinsi dengan melibatkan 3.700 relawan pegawai Kementerian Keuangan. Acara ini diklaim tak menggunakan dana APBN namun menggunakan dana pihak yang menjadi relawan.

 

Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kesan Sri Mulyani Usai Mengajar Siswa SD Kenari

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengaku terkesan ketika mendapatkan kesempatan mengajar di Sekolah Dasar Negeri (SDN) Kenari 01, Jakarta Pusat. Sebab, banyak pelajaran berarti yang dia dapat terutama ketika melakukan dialog bersama para siswa-siswi.

Sri Mulyani mengatakan, para siswa-siswi SDN Kenari 01 sebetulnya memiki pengetahuan dasar yang baik. Hanya saja belum mampu diutarakan dalam sebuah narasi yang tepat.

"Dan mereka tahu Indonesia dipimpin oleh seorang presiden, tujuan sejahterakan rakyat ciptakan keadilan keamanan," kata dia usai mengajar di SDN Kenari 01, Jakarta Pusat, Senin (4/11/2019).

Bendahara Negara ini menambahkan, selain pemahaman dasar yang baik, pola pikir para-siswa-siswi ini juga rupanya cukup matang. Hal itu tercermin ketika Sri Mulyani bertanya kepada anak-anak akan pentingnya bayar pajak.

"Saya tanya kenapa harus bayar pajak? Mereka menjawab untuk kepentingan bersama. Itu solidaritas luar biasa keluar spontan dari mereka. itu menurut saya pesan yang luar bisa dan sikap dari anak-anak itu," kata dia.

Seperti diketahui, kehadiran Sri Mulyani di SDN Kenari 01, Jakarta Pusat ini dalam rangkaian kegiatan hari oeang 2019 yang tersebar di 27 provinsi seluruh Indonesia. Dalam hal ini, terdapat 3.700 relawan Aparatur Negeri Sipil (ASN) di lingkungan Kementerian Keuangan yang terlibat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.