Sukses

Bisa Lebih Irit, Perhatikan Hal Ini Bila Ingin Menikah di Pantai

Liputan6.com, Jakarta Setiap pasangan yang hendak menikah tentunya punya pesta impian tersendiri. Gambaran mengenai pesta pernikahan yang telah ditentukan setelah dilakukannya prosesi lamaran membayangi bagaimana penyelenggarannya nanti. 

Pesta pernikahan impian tak harus menghabiskan ratusan juta hingga miliaran rupiah. Atau berwujud hall yang begitu luas bak istana dengan puluhan ribu undangan.

Sebenarnya tak ada yang salah dengan pesta seperti itu. Selama ini, pesta pernikahan selalu digelar di hall atau ballroom yang tentunya memakan biaya tidak sedikit.

Puluhan juta bisa dikeluarkan hanya untuk biaya sewa gedung. Belum juga jika pesta pernikahan diadakan pada saat musim nikah, biasanya biaya sewa gedung dapat melambung tinggi.

Saat ini, pesta pernikahan tak melulu diadakan di dalam ruangan. Banyak sekali pasangan yang tertarik pesta luar ruangan.

Banyak sekali opsi yang dapat dipertimbangkan sebagai tempat untuk menggelar pesta pernikahan outdoor, salah satunya adalah pantai.

Halusnya pasir pantai, angin lembut, ombak yang bersahutan, serta hangatnya sunset akan menghadirkan suasana pesta yang spesial dan akrab. Memang masih belum banyak orang yang dengan mudah memilih pantai sebagai tempat untuk diadakannya pesta.

Mulai dari faktor tidak nyaman, panas, ataupun terlalu ribet. Alasan tersebut tentunya tidak seratus persen salah. Tapi tak sedikit yang mendambakan menggelar pesta pernikahan dengan pemandangan pantai.

Bagi Anda yang ngidam ingin menikah di tepi pantai, perhatikan hal berikut ini agar momen bahagia Anda benar-benar bisa dirasakan di setiap detiknya. Apa saja itu? Simak ulasan berikut, seperti dikutip dari Cermati.com.

1. Pilih Musim yang Tepat

Menggelar pernikahan dengan konsep outdoor memang sangat bergantung pada musim. Demikian pula saat menggelar pesta di pantai.

Pastikan pesta diadakan bukan saat musim penghujan. Tentunya sangat tidak menyenangkan ketika pesta berlangsung kemudian turun hujan, bukan? 

Musim kemarau identik dengan sinar matahari yang sangat menyengat. Biasanya akan membuat tamu undangan merasa gerah dan kepanasan.

Guna menyiasati hal tersebut, tak ada salahnya menggelar pesta saat matahari terbenam. Cahaya jingga yang perlahan-lahan meredup di ufuk barat akan menghadirkan pesta yang elegan dan romantis.

* Dapatkan pulsa gratis senilai Rp 5 juta dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com di tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Tentukan Lokasi Pantai

Menggelar pesta di tepi pantai tidak hanya berfokus pada pantai saja. Namun juga sarana dan prasarana yang ada di sekitar pantai tersebut.

Memilih pantai yang mudah dijangkau oleh tamu undangan menjadi poin utama. Sehingga, tamu undangan tidak merasa kesulitan menjangkau tempat diadakannya pesta pernikahan.

Selain itu, hal yang perlu dipertimbangkan lainnya adalah hotel atau penginapan. Pilihlah hotel atau penginapan terdekat.

Tamu undangan tentunya tidak merasa keberatan untuk menghabiskan satu hari lagi di area pantai tersebut untuk beristirahat setelah menempuh perjalanan yang memakan waktu tak sedikit. 

Selain itu, dengan adanya penginapan terdekat, akan memudahkan pengantin dan keluarga buat beristirahat. Sehingga tak perlu repot-repot menempuh perjalanan lagi untuk beristirahat setelah pesta.

3. Pakailah Gaun Pengantin yang Santai

Siapa bilang pengantin wanita harus memakai gaun panjang menjuntai hingga bermeter-meter? Jika ingin menggelar pesta pantai, Anda hanya perlu menyiapkan gaun yang nyaman. 

Anda bisa memakai gaun selutut atau gaun panjang yang tak menyapu lantai sebagai pilihan. Hal ini akan memberi kesan nyaman jika dibandingkan dengan gaun berekor panjang yang akan memuat banyak pasir. 

Selain gaun, alas kaki juga perlu dipertimbangkan. Bisa saja sebenarnya memakai sepatu berhak tinggi, namun itu akan membawa kesan tidak nyaman saat berjalan di atas pasir. Memakai sepatu datar atau berhak rendah tentunya bukan pilihan yang buruk.

3 dari 3 halaman

4. Gunakan Dekorasi yang Sesuai

Menggelar pesta pantai tentunya memiliki dekorasi yang berbeda jika dibandingkan dengan pesta di hall. Jika pesta indoor akan lebih bagus jika memiliki warna bold, pesta pantai sangat berlainan. 

Pesta pantai biasanya mengusung konsep yang fresh dan cerah agar kesan santai di pantai tidak hilang. Selain itu, ada baiknya memakai bunga segar sebagai pajangan.

Karena ketika memakai bunga palsu, akan menghasilkan pantulan cahaya yang berlebih ketika difoto. Walaupun bunga segar memiliki harga yang lebih mahal, tak akan terasa percuma ketika pesta berjalan lancar dan berkesan.

5. Pilih Hidangan yang Sesuai 

Hidangan adalah salah satu hal penting dalam setiap acara, termasuk pesta pernikahan. Menyajikan hidangan segar yang sesuai dengan suasana pantai tentunya akan membawa kesan nyaman. 

Selain itu, pemilihan jasa katering juga turut andil sebagai hal yang perlu dipertimbangkan. Memilih jasa katering yang berlokasi dekat pantai akan memberi satu keuntungan tersendiri, karena lebih hemat biaya jika dibandingkan dengan menggunakan jasa katering yang berlokasi jauh dari tempat digelarnya pesta. 

Meriahkan Pesta Pernikahan yang Irit dan Berkesan

Selain lebih irit dari sisi biaya, memilih pernikahan berkonsep outdoor juga memiliki pilihan konsep dan tema yang dapat diusung. Selain itu, berada di ruang terbuka akan membawa kesan yang akrab karena pengantin tak hanya duduk di singgasana, namun juga dapat berkeliling untuk menemui langsung tamu undangan. 

Maka dari itu, tak ada salahnya menggelar pesta pernikahan di pantai untuk menghindari kesan terlalu biasa. So, siap untuk pesta pantai?

Loading
Artikel Selanjutnya
Jangan Putus Asa, Ini Cara Jitu Mengatasi Masalah
Artikel Selanjutnya
Kamu Jomblo Makmur atau Tidak, Simak Ciri-cirinya