Sukses

Viral, Tips Pesta Pernikahan dengan Biaya Kurang dari Rp25 Juta

Liputan6.com, Jakarta - Bagi sebagian pasangan, menggelar resepsi pernikahan bukan perkara mudah dan murah karena menghabiskan biaya yang tak sedikit. Biasanya pasangan melaksanakan pesta pernikahan dengan biaya lebih dari Rp 50 juta.

Namun tidak dengan pasangan asal Yogyakarta yang menggelar pesta pernikahan dengan bujet kurang dari Rp25 juta. Pemilik akun Twitter @rizaasz jadi viral setelah baru-baru ini menceritakan pernikahan dirinya yang menghabiskan biaya kurang dari Rp25 juta.  Riza melangsungkan resepsi pernikahan pada 22 September 2019 di Yogyakarta.

Pada unggahannya itu Riza menuliskan dengan detail tahapan bagaimana ia bisa menyelenggarakan pesta pernikahannya dengan bujet murah. Berikut rincian yang ditulis Riza tentang pesta pernikahannya yang menelan biaya kurang dari Rp25 juta.

1. Konsep Acara dan Bujet

Riza dan suaminya mengaku sudah punya cita-cita untuk mengadakan pesta pernikahan dengan konsep 'garden party' dan hanya mengundang teman-teman saja. Mereka tak mau memakai pelaminan dan memastikan vendor acara bisa menyiapkan kebutuhan sesuai keinginannya.

"Meskipun konsep ndakik-ndakik, budget kami ditekan banget agar tetap realistis dan habis nikahan bisa hidup. Kami ikhlas di angka 25jt. Dengan duit segitu risetlah kami ke semua wedding package/pax yg ditawarkan resto dan hotel," cuit Riza.

2. Daftar Undangan

Pada cuitan yang sudah disukai 19 ribu lebih itu, Riza mengungkapkan kalau ia sudah harus tahu menghadirkan berapa orang di resepsi pernikahannya. Mereka membuat daftar tamu kurang lebih 150 orang.

Riza kemudian meminta bantuan sahabatnya, Mutia untuk mendesain undangan. "Kami sebar undangan seminggu sebelum acara. Undangan ini dibikin pake rsvp google form aja biar paperless, murah meriah, ga ribet," tulis Riza.

3. Lokasi

Menurut Riza banyak hotel dan restoran yang tak menyanggupi karena waktu acara pernikahan yang kurang dari satu bulan. Riza pun mencari lokasi yang baru buka karena biasanya akan banyak diskon.

"Nah, karena Joglo Brongkol baru banget lokasi kuberanikan diri buat tanya-tanya fasilitasnya apa aja. Ternyata 25 jt itu beneran all-in untuk akad, catering, dekor, musik, mc, dokumentasi. APA GA MURAH BGT TUH??? Langsung lah aku janjian buat lihat lokasi," cerita Riza.

2 dari 4 halaman

4. Paket Pernikahan dan Nego

Riza dan pasangannya mantap memilih Joglo Brongkol sebagai lokasi resepsi pernikahan karena tempatnya yang tak jauh dari kota dan rumahnya. Lokasi tersebut dipilih karena sesuai dengan kriterianya, ada pendopo depan dan belakang, taman tengah, gazebo, musala, parkiran, panggung terbuka.

Riza sempat khawatir dengan harga dan idenya tidak cocok dengan pemilik Joglo. Namun, setelah ngobrol panjang lebar, ia dan sang suami bisa mendapatkan paket pernikahan dengan harga Rp 20 juta.

5. Dokumentasi dan MC

Untuk dokumentasi, Riza dan suaminya mempercayakan pada Frens Duo dengan harga Rp 1 juta. Tapi, harga tersebut tahun lalu dan sekarang tentu sudah naik.

Riza juga mempercayakan pemandu acara atau MC dari lingkungan pertemanannya sendiri agar lebih mudah mengontaknya dan akrab dengan para tamu.

3 dari 4 halaman

6. Baju dan Makeup

Riza memilih menyewa pakaian dengan harga Rp800 ribu, sedangkan sang suami memakai baju yang sama dengan yang dipakai saat akad. Untuk riasan tampilannya, Riza mempercayakan pada makeup artist langganannya dengan harga Rp500 ribu.

"Makeup, i always trust Kak Nia my luv yg sedang menunaikan cita-citanya di US. Untuk makeup aku dan my bf kami deal dengan rate 500ribu tapi itu dulu yow," tulis Riza

7. Suvenir

Pesta pernikahan tentu tak lengkap tanpa souvenir pernikahan. Riza dan suami memilih suvenir berupa kipas kecil hasil karya difabel Panti Bina Siwi dengan harga Rp300 ribu.

Ia pun menambahkan kalau total biaya yang dihabiskan untuk resepsi pernikahannya adalah sekitar Rp23 jutaan. Anda juga berminat mencoba?

4 dari 4 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Akhir Pencarian Seluruh Siswa SMPN 1 Turi yang Hilang saat Susur Sungai Sempor
Artikel Selanjutnya
Tragedi Susur Sungai Sempor, Pembina Pramuka SMPN 1 Turi Jadi Tersangka