Sukses

Mobil Kepresidenan Kim Jong Un Vs Donald Trump, Mahal Mana?

Liputan6.com, Washington D.C. - Hubungan antara Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump dan pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong Un sedang mesra. Aksi saling hina via media pun serasa sudah lama berlalu.

Hingga kini, AS masih membujuk Korut agar menghentikan program nuklir mereka. Strategi Presiden Trump adalah menawarkan kesepakatan bisnis dengan Korut dan menyebut Korut memiliki potensi ekonomi yang besar.

Bila melihat segi militer dan ekonomi, AS tentunya lebih unggul ketimbang Korut. Menariknya, harga mobil kepresidenan keduanya justru hampir sama mahalnya.

Berdasarkan laporan Business Insider, mobil kepresidenan terbaru milik Presiden Trump adalah sebuah limosin Cadillac yang dijuluki "the Beast." Harganya mencapai USD 1,5 juta atau Rp 21,2 miliar (USD 1 = Rp 15.166).

Sementara mobil W221 Mercedes-Benz S600 Pullman Guard milik Kim Jong Un ditaksir seharga USD 1,57 juta (Rp 22,2 miliar).

Keunggulan apa saja yang di bawah mobil kepresidenan Trump dan Kim? Berikut ulasannya seperti dilaporkan Business Insider:

2 dari 4 halaman

Mobil Kim Jong Un

Mobil Kim Jong Un memiliki mesin bi-turbo V12 5.5-liter yang bisa menghasilkan 517 tenaga kuda. Mobil S600 Pullman itu memiliki panjang 21 kaki (6,4 meter) dan berat hingga 11 ribu pon (4.9 ton).

Mobil ini memiliki reclining seat (bangku yang bisa direbahkan) dan sistem multimedia. Dan tentunya mobil ini memilik eksterior dan jendela yang tebal.

Mobil kepresidenan Kim sempat viral karena beredar foto mobil ini dikawal pengawal yang berlari-lari kecil di sekitarnya. Berikut tampilan interior mobil tersebut:

 

Interior mobil Kim Jong Un. Dok: Mercedes-Benz via Business Insider

3 dari 4 halaman

Mobil Donald Trump

Mobil ini pertama kali dipesan pada tahun 2014 dan memulai debutnya di tahun 2018. Mobil itu memang memiliki brand Cadillac, tetapi dibangun pada sasis truk General Motors.

Bodi mobil kepresidenan pastinya tahan peluru, tetapi mobil Trump bukan hanya bodinya yang tahan peluru, bank mobilnya pun mengandung Kevlar yang biasa dipakai di rompi anti-peluru.

The Beast dirancang untuk menghadapi segala risiko terburuk. Mobil yang muat untuk tujuh orang ini bisa menahan peluru, ledakan, serta serangan kimia dan biologis.

Beratnya mencapai 20 ribu pon (9 ton). Eksteriornya setebal delapan inci dan tebal jendelanya lima inci. Berat pintunya pun sama beratnya dengan pintu pesawat Boeing 757.

Mobil kepresidenan ini juga ada kulkas yang memiliki tipe darah yang sama dengan Presiden Trump. Ini sebagai antisipasi jika presiden terluka.

"The Beast" dipakai oleh Secret Service (pengawal presiden) bersama dengan 2009 Cadillac DTS yang dulunya digunakan pada era Presiden Barrack Obama.

 

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Sebut Bulan Tak Menarik, Donald Trump Dukung NASA Mendarat di Mars
Artikel Selanjutnya
Suku Bunga Turun Sedikit, Donald Trump Mengamuk ke Bank Sentral AS