Sukses

Mengintip BMW 7-Series yang Ditawarkan untuk Presiden RI 2019

Liputan6.com, Jakarta - BMW Group Indonesia menawarkan sedan 7-series untuk Presiden periode 2019-2024 melalui tender mobil kepresidenan. Hal serupa pun dilakukan oleh BMW beberapa tahun lalu.

Seperti yang sudah diketahun, BMW bersaing melawan Mercedes-Benz, yang selalu menjadi mobil dinas RI 1. Bayu Riyanto, Vice President of Sales BMW Indonesia menjabarkannya.

“Tapi yang kami tawarkan buat mobil dinas presiden, BMW 7 Series model lama, tipe FO3 (high security). Seri 7 merupakan model paling atas dari BMW. Jadi setiap ada kesempatan, kami selalu mengikuti tender, tetapi keputusan tetap berada di pihak sana,” papar Bayu pada OTO.com beberapa waktu lalu.

Meski menggunakan BMW 7 Series, lanjut Bayu, spesifikasi mobil untuk presiden amat berbeda dari model regular. Sebab harus memenuhi ragam persyaratan. Paling utama fitur kemanan, seperti antipeluru dengan teknologi VR7 dan fitur rahasia yang menunjang. "Untuk memenuhi spesifikasi khusus itu, mobil kami amat siap. Apalagi, mobil dinas macam itu kan ada masa pakai yang ideal, supaya keamanannya tetap terjaga. Makanya, setiap ada kesempatan kami selalu mengikuti pitching tender," ucap Bayu.

 

2 dari 3 halaman

Mercedes-Benz S600

Untuk diketahui, jenis kendaraan yang kini masih dipakai Presiden Joko Widodo (Jokowi) ialah Mercedes-Benz S600 Pullman Guard. Mobil RI 1 ini menggunakan jantung mekanis 6 liter berkonfigurasi V12. Mobil dilapisi peranti keamanan baja tahan peluru dan bahan peledak ringan. Meski berat, dalam kondisi normal bisa dipacu lebih dari 200 km/ jam. BMW juga punya kemampuan mirip. Mari kita lihat spesifikasinya.

Ambil contoh BMW 760 High Security. Unit ini memiliki kecepatan tertinggi yang dibatasi secara elektronik, 210 km/jam. Mesin V12 menghasilkan daya 544 Hp pada 5.250 rpm. Lalu torsi puncaknya mencapai 750 Nm pada 1.500 rpm. Mesin 6.0 liter dipasangkan dengan transmisi otomatis delapan kecepatan ZF. Sanggup melesat dari nol hingga 100 km/jam hanya dalam 6,2 detik.

Lalu komponen sasis disempurnakan, sesuai dengan peningkatan berat, karena lapisan pelindung. Karena itu, suspensi, damper dan pemasangan top strut suspensi tak luput diatur ulang. Agar penghuni kabin aman, pelapis baja khusus dipasang. Kompartemen penumpang dilindungi lapisan kuat pada pintu, atap, pilar, alas kaki depan dan dinding pemisah antara penumpang dan bagasi.

Bagian kaca juga penting. BMW 760Li High Security punya kaca pengaman dengan struktur kuat dengan ketebalan 6 cm. Dari dalam permukaan kaca ditutupi lapisan polikarbonat. Jadi bila ada serangan besar, ia mencegah masuknya pecahan kaca yang rusak ke bagian dalam mobil. 

Sumber: Oto.com

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Baru Meluncur, Pesanan Toyota Raize Meroket
Artikel Selanjutnya
Sosok 4 Aston Martin dalam James Bond 007: No Time to Die