Sukses

BMW Indonesia Buka Lebar Mobilnya untuk Kepresidenan

BMW mengklaim memiliki kendaraan dengan level system keamanan tertinggi. Bahkan, ketangguhan dan kekuatan mobilnya sudah terbukti.

Liputan6.com, Jakarta - Mercedes-Benz S600 Pullman Guard, hingga saat ini masih menjadi mobil dinas Kepresidenan Republik Indonesia (RI). Tentu saja, selain soal kenyamanan, kendaraan untuk presiden diwajibkan memiliki ekstra keamanan tingkat tinggi yang lebih lengkap dan nomor wahid.

Nah, ternyata selain Mercedes Benz, pabrikan mobil asal Jerman BMW, hingga saat ini masih membuka lebar mobilnya untuk dijadikan kendaraan kepresidenan.

Bahkan di 2017 lalu disebutkan, BMW Group Indonesia selaku agen tunggal resmi BMW di Tanah Air sempat mengajukan salah satu model mobilnya untuk kendaraan presiden.

Menurut Vice President Sales BMW Group Indonesia, Bayu Riyanto, hingga saat ini BMW masih tetap mendukung kebutuhan pemerintah untuk mobil kepresidenan. 

“Kabar terakhir belum ada. Tapi kami tetap mengawal, kalau negara membutuhkan unit kami untuk itu,” ungkap Bayu saat ditemui awak media di kawasan Sudirman, Jakarta, Rabu (11/4/2018).

Bayu menegaskan, kendaraan dengan level system keamanan tertinggi dimiliki BMW. Bahkan, lanjut dia, ketangguhan dan kekuatan mobilnya sudah terbukti.

“Di Indonesia sendiri kan U.S. Embassy sudah memakai kendaraan kami. Tahu sendiri, untuk jadi mobil kedubes juga membutuhkan spesifikasi yang sangat tinggi. Jadi standar sudah tinggi,” klaimnya.

Bayu menuturkan, mobil untuk kepresidenan memang bisa disesuaikan dengan keinginan dan kebutuhan yang telah ditetapkan pemerintah.

“Kalau dilihat dari history, yang dipakai mobil bermesin besar dan bertenaga besar, serta keamanan tinggi. Itu ada di BMW Seri 7. Tapi memang tergantung kebutuhan. Yang dipakai sekarang juga cc mesinnya besar,” tutupnya.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Spesifikasi Mobil Kepresidenan BMW

Untuk menjadi mobil kepresidenan, ada beberapa syarat mutlak yang wajib dipenuhi pabrikan otomotif, khususnya soal keamanan. Selain itu mobil kepresiden harus bersih. Artinya tak mudah disadap.

Salah satu mobil BMW Seri 7 yang dapat digunakan sebagai mobil presiden adalah BMW 760Li High Security.

Mobil ini diklaim sangat kuat, bahkan bagian kacanya saja memiliki ketebalan hingga 6 cm. Sedangkan bagian bodi ini dilengkapi material baja dan telah tersertifikasi Bullet Resistant Vehicles (BRV 2009).

Untuk jantung pacu, mobil ini dibenamkan mesin V12 TwinPower Turbo Technology dan High Precision Injection yang mampu memuntahkan daya 544 Tk pada putaran mesin 5.250 rpm dengan torsi 750 Nm pada 1.500 rpm.

Dengan mesin tersebut mobil ini diklaim mampu berakselerasi dari 0-100 km/jam hanya dalam waktu 6,2 detik. Sedangkan kecepatan maksimalnya bisa mencapai 210 km/jam.

Mobil ini cukup canggih karena dilengkapi fitur Dynamic Damping Control, dimana kinerja suspensi dapat menyesuaikan ketika mobil melalui jalan bergelombang atau tidak rata. Fitur canggih lainnya adalah Run-flat Tire.

Dengan fitur ini maka roda mobil akan tetap melaju meski kekurangan angin. Selain itu, masih ada banyak lainnya fitur-fitur unggulan BMW.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.