Sukses

Mengintip Kesiapan Pelabuhan BBJ yang Jadi Alternatif Mudik ke Lampung

Empat kapal yang dimiliki Bandar Bakau Jaya, bisa memuat sampai 300 kendaraan pick up.

Liputan6.com, Jakarta - Pelabuhan Bandar Bakau Jaya (BBJ) di Desa Margagiri, Kecamatan Bojonegara, Kabupaten Serang, Banten, mengaku siap mengangkut kendaraan besar yang akan menyeberang ke Lampung. Pelabuhan ini jadi alternatif penyeberangan selain Merak Bakauheni.

"Dalam rangka angkutan Lebaran 2019, sejak H-7 hingga H-1, kami siap membantu kelancaran angkutan truk di BBJ," kata Endin Juhendi, Kepala Cabang Pelabuhan Bandar Bakau Jaya, saat ditemui di kantornya, Rabu (29/05/2019).

Pelabuhan Bandar Bakau Jaya memiliki empat kapal yang melayani 24 jam pelayaran dari BBJ Bojonegara, menuju BBJ Bakauheni, yang berdampingan dengan Pelabuhan Bakauneni, Lampung.

"Trip yang di capai dari sini (BBJ Bojonegara) 8 trip, (dari BBJ) Bakauheni 8 trip. Jadi total 16 trip yang kita gunakan," terangnya.

Bagi supir truk, kendaraan ekspedisi hingga pick up yang tak ingin terjebak kemacetan di Pelabuhan Merak, bisa menggunakan Pelabuhan Bandar Bakau Jaya sebagai alternatif.

Rute yang di ambil adalah keluar dari Gerbang Tol Cilegon Timur, kemudian mengikuti rambu petunjuk arah ke Bojonegara. Sekitar 30 menit dari Gerbang Tol Cilegon Timur maka akan sampai di Pelabuhan BBJ yang terletak di sebelah kanan jalan.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Puncak Arus Mudik

Memasuki H-7 Idul Fitri dan puncak arus mudik di Pelabuhan Merak, Kota Cilegon, Banten, yang diprediksi terjadi pada H-5, Pelabuhan BBJ mengalami kenaikan kendaraan yang akan menyeberang.

Empat kapal yang dimiliki BJJ, bisa memuat sampai 300 kendaraan pick up. Fasilitasnya pun memadai, seperti kantin, toilet yang bersih, hingga tempat istirahat para supir yang dilengkapi televisi dan bisa digunakan secara gratis.

Kemudian para supir tidak harus terjebak dalam antrian. Waktu tempuh hingga sandar kapal dari BBJ Bojonegara menuju BBJ Bakauheni sekitar tiga jam.

"Memang ada peningkatan, tapi belum signifikan, karena kan (truk dan kendaraan besar) masih diperbolehkan lewat ASDP (Pelabuhan Merak)," jelasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.