Sukses

Mau Sukses Seperti Warren Buffett? Lakukan 3 Hal Ini

Liputan6.com, New York - Siapa yang tidak mengenal Warren Buffet, pengusaha asal Amerika dan sekaligus miliarder dunia ini sudah tidak diragukan lagi kesuksesan serta kekayaannya.

Dalam meraih kesuksesannya, ternyata Warren Buffet tidak sendiri. Ia bersama sahabatnya, Charlie Munger telah mengarungi dunia bisnis selama 40 tahun. Kisah mereka tentunya menjadi legenda dunia, karena sebagai rekan kerja sekaligus investor yang saling menghormati satu sama lain.

Sebagai wakil kepala dari Berkshire Hathaway, Munger mengatakan, Buffett tidak akan suksesseperti ini tanpa keahliannya yang satu ini, yaitu 'selalu belajar dan membaca'.

"Jika kamu selalu memperhatikan Warren Buffett setiap jamnya, maka kamu akan selalu melihatnya hanya duduk diam dan membaca," ujar Munger seperti dilansir dari laman CNBC seperti ditulis pada Rabu (24/4/2019).

Munger pun menambahkan jika hidup tanpa belajar,  Anda tidak akan mendapatkan apa-apa, dan tentunya hidup akan berhenti di fase tersebut.

Namun ternyata, bukan hanya Warren Buffett sajalah yang gila membaca dan belajar, ternyata Charlie Munger juga orang yang sama seperti yang telah diungkapkan Warren Buffet dalam buku biografinya.

Karena kesuksesan memrupakan sebuah proses bukan tujuan. Untuk itu, berikut ada beberapa proses yang dapat Anda lakukan agar sukses seperti Warren Buffet maupun Charlie Munger. Mau tahu apa sajakah itu?

Dilansir dari laman CNBC, berikut merupakan hal-hal yang harus Anda lakukan:

 

 

 

* Ikuti Hitung Cepat atau Quick Count Hasil Pilpres 2019 dan Pemilu 2019 di sini

2 dari 4 halaman

1. Baca, baca dan baca

Pengamatan Munger sejalan dengan apa yang dikatakan Buffet tentang dirinya. Ia selalu membaca setidaknya 500 halaman dalam sehari.

Dalam bukunya yang bertajuk "Working Together: Why Great Partnerships Suceed," Buffet mengatakan, jika pekerjaannya saat ini membutuhkan banyak fakta dan informasi untuk itu ia harus banyak membaca agar mendapatkan semua informasi yang dibutuhkan.

 

3 dari 4 halaman

2. Latihlah Otak Anda

Terdapat banyak cara untuk melatih kinerja otak Anda. Buffet selalu melatih otaknya dengan menaiki anak tangga.

Dengan ini selalu membuat otaknya lebih fokus meskipun usianya saat ini sudah menginjak 88 tahun. Setidaknya ia melakukan ini selama 4 kali dalam seminggu, dan sekitar 2 jam per sesinya.

Sementara Munger selalu melatih otaknya untuk berpikir luas, berpikir dari segala prespektif yang ada dan mencoba mencari jalan tengahnya. Ini membuatnya begitu cerdas dalam mengambil sebuah keputusan meskipun dalam keadaan genting.

 

4 dari 4 halaman

3. Ajarkan Ilmu yang Anda Dapatkan ke Orang Lain

Berdasarkan sebuah studi yang dirilis dari The Journal of Science Education and Technology mengatakan jika mengajar akan meningkatkan motivasi Anda untuk belajar.

Selain itu, hal ini juga akan membuat Anda lebih cepat memahami dan jauh lebih memahami sesuatu yang telah Anda pelajari.

Munger mengatakan, pengorbanan, kebijaksanaan dan transfer nilai atau pengajaran dari satu generasi ke generasi berikutnya tidak pernah bisa dianggap remeh.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

Loading
Artikel Selanjutnya
Sering Gagal Bisa Bawa Kesuksesan, Ini Faktanya!
Artikel Selanjutnya
7 Hal yang Selalu Dilakukan Para Bos