Sukses

Tiga Sarana Pelengkap Bandara Soetta Ditargetkan Beroperasi Saat Mudik Lebaran

Selain taxiway, infrastruktur yang saat ini tengah dibangun di Bandara Soetta yaitu runway 3 dan east cross taxy way. ‎

Liputan6.com, Jakarta Sejumlah pembangunan infrastruktur pelengkap Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) akan selesai pada pertengahan tahun ini. Salah satunya yaitu jalan penghubung bagi pesawat antara landasan pacu (runway) dengan apron atau biasa disebut dengan pararel taxiway ditargetkan bisa dipakai saat musim mudik Lebaran.
 
Direktur Utama PT Angkasa Pura II (Persero) Muhammad Awaluddin mengatakan, selain taxiway, infrastruktur yang saat ini tengah dibangun di Bandara Soetta yaitu runway 3 dan east cross taxy way. ‎
 
Untuk pararel runway, saat ini perkembangan pembangunan telah mencapai 90 persen.
 
"Posisi kemarin, pada saat Menteri Perhubungan (Menhub) melakukan kunjungan ke lokasi trase runway 3 sudah 60 persen dan paralel taxiway-nya 90 persen. Sehingga paralel taxiway Mei sudah bisa, akhir Mei ya. Kalau runway seperti arahan Presiden Juni kita kejar," ujar dia di kawasan Senayan, Jakarta, Selasa (16/4/2019).
 
Selain taxiway yang sudah siap sebelum Lebaran, pararel taxiway dan east cross taxiway juga diharapkan bisa beroperasi saat musim mudik tahun ini.‎
 
"(Lebaran bisa?) Iya, tapi mungkin kita akan liat kondisinya, karena kita sekaligus mengoperasikan east cross taxy way. Jadi ada tiga infrastruktur besar yang akan dioperasikan di pertengahan tahun. Pertama runway 3, kedua paralel 3, ketiga east croos taxi way," jelas dia.
 
Dengan beroperasinya ketiga proyek ini, maka akan menambah kapasitas pergerakan pesawat di Bandara Soetta ddari sebelumnya 81 pergerakan dalam 1 jam menjadi 114-120 pergerakan dalam 1 jam.
 
"Sehingga optimalisasi Bandara Soetta, untuk satu hari saja take off landingnya bisa capai 1.100-1.200, dengan infrastruktur itu dan operasional 24 jam membantu peningkatan kapasitas dan produktivitas Bandara Soetta," tandas dia.
 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Runway 3 Beroperasi Juni, Pergerakan Pesawat di Bandara Soetta Naik 30 Persen

3 dari 3 halaman

Terminal 4

Selain pembangunan runway 3 berukuran 3.000 x 60 meter persegi dan paralel taxiway, Kementerian Perhubungan juga sudah merencakan pembangunan terminal 4.

Terminal 4 akan mulai dibangun pada tahun 2021 dan kira-kira akan memakan waktu pembangunan sekitar 3 tahun. Ditargetkan dapat selesai pada tahun 2024 dan dapat menampung penumpang lebih dari 100 juta.

"Kami sudah merencanakan pembangunan terminal 4. Kita akan rencanakan mulai membangun tahun 2021 sudah mulai, kira-kira kita selesaikan dalam 3 tahun. Jadi tahun 2024 itu selesai. Lokasinya di lapangan golf Bandara Soekarno Hatta, dengan kapasitas penumpang lebih dari 100 juta," ungkap Menhub Budi.

Dalam kunjungannya, Menteri Perhubungan didampingi oleh Direktur Jenderal Perhubungan Udara Polana B. Pramesti, Direktur Bandar Udara M. Pramintohadi Sukarno, Direktur Utama PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin, serta Direktur Teknik dan Operasi PT Angkasa Pura II Djoko Murjatmodjo.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini