Sukses

Pabrik Alat Listrik Mitra PLN Resmi Beroperasi di Banten

Keberadaan pabrik Arlisco Elektrika Perkasa ini diharapkan dapat menyerap banyak tenaga kerja.

Liputan6.com, Jakarta PT Arlisco Elektrika Perkasa, perusahaan peralatan listrik yang merupakan mitra PT PLN, resmi mengoperasikan pabrik di Legok, Tangerang, Baten.

Peresmian pabrik Arlisco Elekrika Perkasa ini turut dihadiri Direktur Utama Perseroan Tikno Sunjoto Handoko, EVP Pengembangan Regional Jawa Bagian Barat PLN Didik sudarmadi, Direktur Bisnis Regional Jawa Bagian Barat, Haryanto WS, dan Direktur Industri Permesinan dan Alat Mesin Pertanian Kementrian Perindustrian Zakiyudin.

Direktur Utama Perusahaan Tikno Sunjoto Handoko mengatakan, keberadaan pabrik ini diharapkan dapat menyerap banyak tenaga kerja.

"Saya harap dengan berkembang terus perusahaan ini bisa serap lebih banyak tenaga kerja. Kemenperin juga bisa membantu berkembang supaya bisa jadi substitusi produk yang sampai sekarang barang ini masih diimpor," ujar dia di Banten, Senin (1/4/2019).

Sebagai pendukung ketenagalistrikan dan mitra PLN, dia berharap, tingkat komponen dalam negeri (TKDN) semakin tinggi sehingga dapat bersaing dengan perusahaan mancanegara.

"Mimpi tahun depan kita bisa semakin tinggi TKDN-nya. Karena kontrak ahli teknologinya jujur saja sudah dapat," jelas dia.

 

Sebagai informasi, saat ini Arlisco grup mempekerjakan 140 karyawan yang bekerja di bidang produksi dan enjinering. Rencananya, hasil produksi dari pabrik ini dapat diekspor ke negara yang sedang berkembang di luar negeri.

Perusahaan ikut mendukung program PLN dalam menyediakan peralatan listrik produksi lokal nasional dengan kualitas yang tidak kalah dengan produksi impor.

Perseroan juga diharapkan mendapat dukungan penuh kebijakan pemerintah dan BUMN (PLN) dalam memproteksi pabrik yang dengan sungguh-sungguh menerapkan proses lokalisasi.

Misalnya kebijakan preferensi dalam penentuan kuota yang linier dengan proses produksi dan nilai TKDN (kandungan lokal) yang dicapai pabrikan. Dengan demikian tidaklah mustahil Negara Indonesia akan dapat bersaing dengan negara maju lainnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.