Sukses

Jalur LRT Jabodebek Cibubur-Cawang Tersambung

Secara struktur proyek LRT Jabodebek Lintas Pelayanan 1 yang terbentang sepanjang 14,89 kilometer (km) dari Cibubur hingga Cawang telah tersambung.

Liputan6.com, Jakarta PT Adhi Karya Tbk (ADHI) resmi melakukan pengecoran terakhir longspan atau bentang jembatan lintasan LRT Jabodebek untuk lintas pelayanan 1 Cawang-Cibubur.

Dengan telah selesainya pembangunan longspan tersebut, maka secara struktur proyek LRT Jabodebek Lintas Pelayanan 1 yang terbentang sepanjang 14,89 kilometer (km) dari Cibubur hingga Cawang telah tersambung.

"Ini kebanggaan Adhi Karya karena LRT bukan proyek biasa, LRT ini ide dan inovasinya Adhi Karya. Semoga ini jadi modal kita ke depan untuk berkembang," kata Direktur Utama Adgi Karya Budi Harto di Jakarta, Jumat (29/3/2019).

Kegiatan longspan closure atau pengecoran terakhir longspan dilakukan oleh direksi ADHI dan jajaran manajemen secara serentak dari ketiga titik, yaitu JORR, Cililitan dan Cikoko.

Longspan JORR melintas di atas Jalan Tol JORR, Jalan Dukuh dan Jalan Tol Jagorawi dengan struktur u-box girder. Longspan JORR memiliki panjang 54-90-54 meter yang merupakan longspan u-box girder terpanjang di dunia.

Untuk longspan Cililitan, melintas di atas Jalan Tol Jagorawi dengan panjang 54-90-54 meter dengan struktur box girder.

Kemudian Longspan Cikoko yang merupakan bagian dari Lintas pelayanan 2 Cawang-Kuningan-Dukuh Atas, membentang di atas jalur KRL di dekat Stasiun Cawang dan Jalan Cikoko Barat dengan panjang 54-90-54 meter dan struktur box girder.

Hingga saat ini progres pekerjaan [LRT Jabodebek ]( 3915188 "")per 22 Maret 2019, secara keseluruhan rata-rata mencapai 59,64 persen dengan rincian progres untuk lintas pelayanan 1 Cawang-Cibubur sebesar 79,69 persen, lintas pelayanan 2 Cawang-Kuningan-Dukuh Atas sebesar 47,95 persen dan lintas pelayanan 3 Cawang-Bekasi Timur sebesar 53,84 persen.

Pekerjaan pada lintas pelayanan 1, direncanakan selesai paling awal dan akan menjadi sarana uji coba trainset dari kereta LRT Jabodebek yang merupakan produk dari PT INKA (Persero) dengan target kedatangan pada akhir 2019.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

LRT Jakarta Bakal Angkut 14.225 Penumpang Setiap Hari

PT LRT Jakarta menargetkan 14.255 ribu penumpang bisa menikmati transportasi umum ini dalam sehari.

Direktur Keuangan dan Administrasi PT LRT Jakarta Solihin Djaelani menuturkan, dalam sehari setidaknya perusahaan menargetkan 150 kali perjalanan.

"Untuk target seharinya kita targetkan 14.255 penumpang. Dan sekali jalan, beroperasi di waktu-waktu yang tidak sibuk itu 1 rangkaian atau 2 kereta kapasitasnya bisa sekitar 270 orang," ujarnya kepada Liputan6.com.

Solihin menjelaskan, kemungkinan penggunaan LRT Jakarta pada saat akhir pekan (weekend) akan lebih ramai dibandingkan dengan hari kerja atau hari-hari biasa.

"Dalam sehari kita targetkan 150 kali perjalanan, namun antara hari kerja dengan akhir pekan berbeda. Akhir pekan mungkin lebih banyak tripnya," ungkapnya.

Dia pun berharap, keberadaan LRT Jakarta dapat beriringan dengan kesadaranya warganya dalam menjaga kebersihan didalam moda transportasi tersebut.

"Kita harapkan antusiasmenya ini semakin meningkat. Sehingga semuanya bisa naik kendaraan umum. Kita doakan semuanya bisa berjalan dengan lancar kedepannya," pungkas dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini