Sukses

Harga Emas dan Paladium Kompak Turun

Paladium sangat penting dalam pembuatan catalytic converter yang digunakan dalam sistem pembuangan kendaraan

Liputan6.com, Jakarta Harga paladium merosot lebih dari 7 persen, menambah penurunan pada sesi sebelumnya, di tengah kekhawatiran perlambatan ekonomi dapat menurunkan permintaan. Sementara harga emas turun lebih dari 1 persen ke level terendah lebih dari dua minggu dipicu penguatan Dolar AS.

Melansir laman Reuters, Jumat (29/3/2019), harga paladium di pasar spot turun 7,2 persen menjadi USD 1,340.38 per ons, setelah sebelumnya merosot ke posisi USD 1.331,09, terlemah sejak 29 Januari.

Palladium telah kehilangan lebih dari USD 250 sejak mencapai posisi tertinggi USD 1.620,52 pada minggu lalu. "Palladium menarik kembali begitu banyak hanya karena itu berjalan baik," kata Michael Matousek, Kepala Pedagang Investor Global AS.

“Palladium adalah komponen besar dalam catalytic converter. Ketika ada perlambatan ekonomi, orang akan membeli lebih sedikit mobil dan menghabiskan lebih sedikit uang. Orang-orang berpikir itu telah berubah menjadi gelembung karena hasil yang besar, ” tambah dia.

Paladium sangat penting dalam pembuatan catalytic converter yang digunakan dalam sistem pembuangan kendaraan, dan defisit yang berkelanjutan telah mendukung lonjakan logam.

Sementara itu, harga emas turun 1,5 persen menjadi USD 1.290,51 per ons, menembus di bawah level support kunci USD 1.300. Sementara harga emas berjangka AS menetap 1,6 persen lebih rendah pada posisi USD 1.289,80 per ounce.

"Sampai kita mendapatkan katalis eksternal, emas akan terus mengambil isyarat dari dolar," kata Peter Hug, Direktur Perdagangan Global di Kitco Metals.

 

Logam dikatakan juga mencerminkan kekhawatiran tentang perlambatan dipercepat dalam ekonomi AS dan pertumbuhan global secara umum.

Dolar AS naik terhadap mata uang lainnya menyusul lebih banyak suara dovish dari bank sentral dan harapan baru bahwa Bank Sentral Eropa akan mempertahankan suku bunga rendah lebih lama.

Ekonomi AS melambat lebih dari yang diperkirakan pada kuartal keempat, menjaga pertumbuhan 2018 di bawah target tahunan 3 persen, dan laba perusahaan turun paling banyak dalam setahun.

Logam mulia lainnya, seperti platinum juga jatuh hampir 1 persen menjadi USD 839,75 per ons, dan perak turun 2,1 persen menjadi USD 14,97.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Laman ini berisi mengenai informasi seputar harga emas terbaru. Harga emas ini terus diperbarui setiap harinya.

    Harga Emas

Video Terkini