Sukses

Mau Liburan Murah Bareng Sahabat? Coba 3 Tips Ini

Tips agar bisa berlibur dengan sahabat dengan tarif hemat.

Liputan6.com, Jakarta - Tidak perlu menunggu reuni, seseorang bisa pergi jalan-jalandengan sahabat-sahabat lama demi saling bertukar kabar serta membuat kenangan baru. Jika sudah berhasil berencana, langkah selanjutnya adalah keuangan.

Urusan seperti transportasi, penginapan, makan-makan, dan beragam hal tak terduga lainnya bisa membuat pengeluaran juga menjadi ikut tak terduga. Belum lagi bila jalan-jalan dengan anggaran ketat.

Dilansir USA Today, ada beberapa tips sederhana untuk membantu menyusun anggaran agar bisa jalan-jalan bersama sahabat. Dengan sedikit menganalisis destinasi, pengeluaran pun bisa lebih hemat.

Berikut tiga tips hemat agar bisa jalan-jalan bersama-sama sahabat.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Perhatikan Kalender

Fleksibilitas diperlukan agar ongkos menjadi murah. Cara pertama adalah hindari bepergian pada peak-season.

Peak-season seperti masa liburan turut menaikkan ongkos, mulai dari hotel hingga pesawat. Sebaliknya, ketika off-peak season harga mulai melandai.

Sisi positifnya, ketika off-peak season maka destinasi akan terhindar dari keramaian para turis.

3 dari 4 halaman

2. Coba Bertemu di Tengah-tengah

Jika para sahabat sudah pindah ke kota yang berbeda, dan jika anggaran mereka juga ketat, maka coba bertemu pada destinasi di tengah-tengah. Tujuanya agar tak ada yang sampai dua kali membeli tiket untuk ke lokasi pertemuan lalu ke lokasi wisata.

"Hal yang paling penting ketika kamu mencoba hemat ketika travel adalah kamu harus fleksibel pada destinasi kamu. Tetap buka segala opsi dan bandingkan harga di beberapa destinasi berbeda, dan kamu akan punya peluang lebih baik dalam menghemat," jelas penulis travel Holly Johnson.

4 dari 4 halaman

3. Bandingkan Harga

Seperti membeli barang lainnya, ketika traveling juga butuh membandingkan harga paket-paket liburan.

Bila melakukannya sendiri, Google Flight bisa kamu andalkan untuk membandingkan harga. Atau cek sendiri beragam situs dan aplikasi travel.

Travel adviser atau travel agent juga dapat membantu. Bila kamu sudah punya itinerary dan estimasi dana, kamu bisa membandingkan estimasi versi travel agent.

Bila memakai agen, jangan lupa membandingkan beragam aspek seperti penerbangan, hotel, dan sewa kendaraan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini