Sukses

Tiket Hilang di 15 Agen Travel, Ini Kata AirAsia

Liputan6.com, Jakarta - AirAsia Indonesia menyayangkan adanya 15 agen travel online dan konvensional yang tak menjual tiketnya. Sebelumnya, tiket.com dan Traveloka juga tak menjual tiket AirAsia Indonesia.

Direktur Utama AirAsia Indonesia Dendy Kurniawan mengaku tak terlalu ambil pusing dengan sikap para agent tiket online dan konvensional tersebut.

"Kami tidak ingin berspekulasi terkait alasan di balik hilangnya tiket kami di travel agent lain, lebih baik agar ditanyakan secara langsung kepada mereka," kata Dendy kepada Liputan6.com, Kamis (21/3/2019).

Namun demikian, dirinya membuka pintu bagi para agen tiket online dan konvensional tersebut untuk saling berkomunikasi dan menyelesaikan persoalan ini.

"Kami selalu terbuka untuk menjalin kerja sama yang baik dengan semua partner, termasuk travel agent online maupun konvensional," tambah dia.

"Kami tetap fokus pada semangat kami sebagai maskapai LCC terbaik di dunia selama 10 kali berturut-turut, untuk tetap berkomitmen meningkatkan standar pelayanan kami dan menawarkan harga tiket terjangkau kepada masyarakat Indonesia sesuai dengan slogan kami ‘Now Everyone Can Fly'," pungkas Dendy.

Seperti diberitakan sebelumnya, setelah tiket.com dan traveloka, beberapa agen penjualan tiket online dan konvensional juga tak menjual tiket AirAsia.

Beberapa agen yang tak menjual tiket AirAsia diantaranya WITA Tour, Golden Rama Tour, dan via.com. Bahkan, tiket AirAsia pun kini juga tak ditemukan di situs penjualan daring (e-commerce) seperti Tokopedia, BliBli.com, jd.id, dan Bukalapak.

2 dari 3 halaman

AirAsia Setop Jual Tiket Pesawat Lewat Traveloka di 6 Negara

PT AirAsia Indonesia resmi menutup (suspend) seluruh penjualan tiket melalui online travel agent (OTA) yaitu Traveloka. Kebijakan penarikan seluruh penjualan tiket AirAsia ini berlaku permanen.

Direktur Utama AirAsia Dendy Kurniawan menjelaskan, aksi penghentian karena adanya kejadian yang terjadi beberapa waktu belakangan. Seperti diketahui tiket pesawat AirAsia sempat hilang beberapa kali pada aplikasi OTA di Traveloka. 

"Kami suspend penjualan seluruh tiket kami dari Traveloka karena kekecewan terhadap Traveloka. Selama ini hubungan kita baik-baik, tapi dengan insiden ini maka mencederai hubungan kami," ujar dia di Jakarta, Senin (4/3/2019).

Dia mengaku hingga kini pihaknya masih menunggu pernyataan resmi dari manajemen Traveloka. Kendati begitu, keputusan penghentian penjualan tiket ditegaskan bersifat permanen.

"Kami tidak khawatir ini akan mempengaruhi penjualan kami. Masyarakat sudah cukup pintar jika berbicara tiket pesawat, mereka juga bisa memesan lewat website kami," ujarnya.

Adapun penutupan tiket AirAsia di Traveloka tak hanya terjadi di Indonesia saja. Enam negara tersebut ialah Malaysia, Indonesia, Thailand, Filipina, India dan Jepang.

"Hari ini kita resmi suspend seluruh Traveloka di 6 negara. Kami tetap optimis terhadap penjualan," pungkas dia.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
CEO AirAsia Tinggalkan Facebook karena Penembakan Christchurch
Artikel Selanjutnya
Tiket AirAsia Hilang di Sejumlah OTA, KPPU Didesak Selidiki Kasus Ini