Sukses

Mau Karier Sukses dengan Bermodal Percaya Diri? Lakukan Cara Ini

Liputan6.com, Jakarta - Punya karier yang berkembang tentunya bukan perkara mudah untuk diraih. Perlu konsistensi terhadap kualitas pekerjaan Anda, disiplin, dan tentunya dedikasi yang tinggi.

Untuk bisa meningkatkan kualitas pekerjaan, Anda bisa memulainya melalui rasa percaya diri. Orang yang memiliki rasa percaya diri akan jauh lebih produktif lantaran tak menggantungkan produktivitasnya pada orang lain, karena dirinya merasa mampu menyelesaikan tugasnya sendiri.

Namun demikian, saat ini banyak karyawan yang tidak memiliki cukup rasa percaya diri karena berbagai faktor. Mulai dari faktor lingkungan yang kurang mendukung, hingga belum pernah mengerjakan tugas yang diembannya.

Nah, agar karier sukses, cobalah menggunakan modal percaya diri dengan melakukan cara ini, seperti dikutip dari Cermati.com.

1. Menyadari Kemampuan Diri Sendiri

Mulai saat ini, cobalah menggali apa yang menjadi kelebihan diri dan usahakan untuk menonjolkannya sehingga Anda memiliki rasa percaya diri yang cukup kuat. Selanjutnya Anda tinggal mengintegrasikan kelebihan tersebut dalam kegiatan yang lakukan setiap harinya.

Perlu menjadi catatan bagi diri sendiri, Anda diterima bekerja adalah berdasarkan kualitas yang Anda miliki. Oleh karenanya, hargailah kelebihan Anda dan percaya dirilah.

2 dari 4 halaman

2. Tunjukkan Kelebihan yang Dimiliki

Sadar atau tidak, setiap orang memiliki keunikan tersendiri. Setiap orang punya kelebihan yang terkadang tidak dimiliki oleh orang lain.

Namun hal tersebut jangan Anda jadikan titik balik untuk menyombongkan diri atau justru merasa minder.

Jika Anda adalah orang yang pendiam atau introvert, cobalah untuk menonjolkan kelebihan Anda yang lain, misalnya kecepatan Anda dalam bekerja, cepat tanggap terhadap perintah atasan, hingga berhasil menyelesaikan tugas tepat waktu.

Jangan jadikan kekurangan Anda dari segi komunikasi justru menjadikan Anda pribadi yang kurang produktif.

3. Kedepankan Integritas

Seorang karyawan teladan adalah mereka yang memiliki integritas tinggi terhadap tugas dan pekerjaannya. Integritas sendiri adalah cara seseorang dalam menilai diri mereka dan bertanggung jawab terhadap tugas yang diberikan.

Namun yang menjadi masalah adalah setiap orang memiliki nilai integritas yang berbeda-beda. Agar Anda menjadi seseorang yang memiliki kepercayaan diri tinggi, cobalah untuk meningkatkan integritas Anda dan memperjuangkannya untuk mendapatkan kualitas pekerjaan yang baik.

Semakin Anda memiliki integritas yang baik, semakin kuat pula kepribadian Anda. Sehingga tak akan mudah goyah dengan omongan orang lain yang berniat menjatuhkan Anda di lingkungan kerja.

3 dari 4 halaman

4. Punya Standar Kerja Sendiri yang Baik

Salah satu hal yang membuat Anda menjadi kurang percaya diri adalah kebiasaan menjadikan standar orang lain sebagai tolok ukur kinerja Anda. Maka cobalah untuk membiasakan diri dengan berpegang teguh pada standar yang telah Anda tentukan sendiri.

Tapi ingat, tentunya standar yang Anda tetapkan sendiri tersebut haruslah standar yang baik dan kompetitif. Bukan standar yang biasa saja bahkan jauh lebih buruk dibanding kinerja yang lain.

Pacu diri sendiri untuk menghasilkan kinerja yang baik. Sehingga Anda mampu bersaing dengan sehat dan kinerja Anda layak untuk diapresiasi.

5. Jalin Hubungan Baik dengan Rekan Kerja

Langkah selanjutnya yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan rasa percaya diri adalah menjalin hubungan baik dengan sesama rekan kerja atau kolega. Hal itu adalah cara paling mudah dilakukan dan terbukti cukup ampuh untuk membuat Anda menjadi lebih percaya diri.

Dengan menjalin hubungan baik sesama rekan kerja, Anda menjadi lebih mengenal seperti apa karakter rekan kerja Anda sehingga tak akan muncul perasaan saling mencurigai yang berakibat pada menjatuhkan pribadi satu dengan yang lain.

Selain itu, dengan mengenal kepribadian rekan kerja, Anda juga bisa mengomunikasikan dengan mereka apabila ada sifat dari mereka yang membuat Anda menjadi kurang percaya diri.

4 dari 4 halaman

6. Jangan Enggan Minta Penilaian dari Orang Lain

Tips selanjutnya yang dapat Anda lakukan untuk menigkatkan kepercayaan diri adalah dengan meminta penilaian dari orang lain yang dekat dengan Anda. Penilaian yang obyektif adalah penilaian yang berasal dari orang lain.

Terkadang kita lebih sulit untuk menemukan kelebihan yang dimiliki dibandingkan dari orang lain. Tak perlu takut untuk mendapatkan kritik, selama kritik tersebut bersifat membangun, ambillah, dan perbaiki kesalahan yang Anda perbuat.

Tingkatkan Kualitas Diri dan Komitmenlah

Beberapa poin penting di atas bisa Anda lakukan untuk meningkatkan kepercayaan diri. Sehingga pekerjaan pun menjadi lebih produktif.

Kuncinya adalah bagaimana kita meningkatkan kualitas diri dan berkomitmen dengan tugas yang diberikan. Sehingga Anda dapat menghasilkan output yang maksimal. Percayalah bahwa Anda layak menjadi yang terbaik.

Loading
Artikel Selanjutnya
Kamu Jomblo Makmur atau Tidak, Simak Ciri-cirinya
Artikel Selanjutnya
Uang Pas-pasan Bisa Liburan ke Singapura, Begini Caranya