Sukses

Kylie Jenner, Miliarder Termuda di Daftar Orang Terkaya Dunia

Liputan6.com, New Jersey - Siapa yang tidak mengenal Kylie Jenner? Public figure sekaligus pebisnis kosmetik terkenal ini telah buktikan bahwa sukses usia muda bukan hal mustahil. Berkat usaha kosmetiknya, Kylie Cosmetics, dia bisa meraup kekayaan dan menjadi orang terkaya paling muda di dunia versi majalah Forbes di usia 21 tahun.

Sejak bekerja sama dengan Ulta, pendapatan usaha Kylie semakin tinggi. Enam minggu setelah kontrak dengan Ulta, Kylie Cosmetic berhasil menjual produk dengan total USD 54,5 juta atau sekitar Rp 770,8 miliar, berdasarkan estimasi Oppenheimer.

Laba bersih Kylie Cosmetic naik sekitar 9 persen tahun lalu dan diestimasikan bernilai rata-rata USD 360 juta atau Rp 5,09 triliun. Dengan pertumbuhan bisnis yang cepat, Forbes memprediksi perusahaan milik kakak Kendal Jenner ini bernilai setidaknya USD 900 juta atau Rp 12,7 triliun.

Kylie diperkirakan memiliki kekayaan sekitar USD 1 miliar atau sekitar Rp 14,14 triliun. Dia menjadi orang terkaya paling muda, hanya berbeda dua tahun dari Mark Zuckerberg yang saat itu menjadi orang terkaya di usia 23 tahun, dikutip dari Forbes, Rabu (6/3/2019).

"Saya tidak berharap apapun dan tidak ingin meramalkan hal di masa depan. Namun diberikan titel seperti ini memang menyenangkan," ungkapnya.

 

2 dari 2 halaman

Diakui tidak membutuhkan modal besar

Bisnis Kylie Cosmetics diakuinya tidak membutuhkan modal yang begitu besar. Hanya ada 7 pekerja full time dan 5 pekerja paruh waktu yang ada di bisnisnya. Pengolahan bahan baku dan pengemasan dilakukan oleh Seed Beauty, produser privat di Oxnard, California.

Untuk penjualan online, dia memanfaatkan Shopify. Ibunya, Kris Jenner, dengan cerdas mengelola uang dari bisnis anaknya dan diketahui meraup 10 persen dari profit untuk dirinya.

Pemasaran dilakukan di media sosial dimana orang terkaya ini memiliki banyak pengikut. Dia mengakui bahwa kekuatan media sosialah yang membuat bisnisnya berkembang. Kylie menjual kosmetiknya lewat Snapchat, Instagram, Facebook dan Twitter yang mana pengikutnya berjumlah lebih dari 175 juta.

Tara Simon, Senior Vice President of Merchandising Ulta juga terkesan dengan kekuatan brand Kylie sampai-sampai kosmetik Kylie yang dijual di Ulta habis terjual dalam beberapa menit.

Produk Kylie Cosmetics sendiri sebenarnya tidak jauh berbeda dengan produk kosmetik lainnya. Orang terkaya ini menjual concealer, brush, paket lip cream dan lainnya.

Untuk sekarang, Jenner ingin fokus mengembangkan bisnisnya dengan menambah item baru seperti setting powder, eyeshadow, bedak dan bronzers ke Ulta. 

Loading
Artikel Selanjutnya
Punya Harta Rp 43,8 Triliun, Intip Kekayaan Donald Trump
Artikel Selanjutnya
Bermodal Lipstik, Ini 4 Tips Sukses Bisnis ala Miliarder Termuda Kylie Jenner