Sukses

Cucu Pendiri L'Oreal Jadi Wanita Terkaya Dunia, Berapa Hartanya?

Liputan6.com, Los Angeles - Forbes kembali merilis daftar terbaru orang terkaya dunia bertajuk the 2019 Forbes World’s Billionaiers list.

Pada jajaran orang terkaya dunia, pewaris L’Oreal Francoise Bettencourt Meyers berada di posisi 15. Namun, ia memimpin sebagai wanita terkaya di dunia.

Cucu pendiri perusahaan kosmetik L’Oreal Eugene Schueller ini mencatat kekayaan sekitar USD  49,3 miliar per 5 Maret 2019 atau sekitar Rp 696,28 triliun (asumsi kurs Rp 14.123 per dolar AS).

Ia masuk jajaran direksi sejak 1997. Bettencourt Meyers juga berperan sebagai chairwoman di perusahaan induk keluarganya.

Bettencourt masuk daftar miliarder sejak tahun lalu. Ini seiring ibunya Liliane Bettencourt yang tutup usia pada September 2017. Liliane masuk daftar wanita terkaya di dunia versi Forbes. Dia menyandang wanita terkaya di dunia setiap tahun sejak Forbes merilis daftar miliarder pertama kali pada 1987.

Kekayaan Bettencourt Meyer’s meningkat USD 7,1 miliar atau sekitar Rp 100,25 triliun. Kenaikan itu sekitar 17 persen sejak tahun lalu. Kekayaan Bettencourt Meyer’s meningkat berkat hasil luar biasa di bisnis make up. Ia dan keluarganya memiliki 33 persen saham di L’Oreal.

Diperkirakan 90 persen kekayaannya terkait saham perusahaan. L’Oreal membukukan pertumbuhan penjualan terbaik pada 2018, dan pencapaian terbaik lebih dari satu dekade. Total pendapatan perseroan mencapai USD 30,6 miliar.

Kenaikan penjualan disumbang dari pendapatan di Asia Pasifik yang naik 20 persen, didorong oleh China. Penjualan di China mampu melampaui Amerika Utara.

Bettencourt Meyers yang tinggal di Paris ini juga berperan sebagai pemimpin di yayasan milik keluarganya Bettencourt Schueller Foundation. Lembaga ini mendorong kemajuan Prancis dalam bidang ilmu pengetahuan dan seni.

Lembaga tersebut menyalurkan dana dan mendukung proyek ilmu pengetahuan, sosial dan kerajian tangan.

Yayasan ini menyumbang untuk proyek termasuk penelitian, dukungan untuk keluarga anak autis dan paduan suara Prancis. Ia juga seorang penulis.

 

2 dari 2 halaman

Pertama Kali Memimpin Sebagai Perempuan Terkaya di Dunia

Tak hanya masuk sebagai perempuan terkaya di dunia untuk pertama kalinya pada 2019, Bettencourt juga menyalip Alice Walton, yang merupakan wanita terkaya dunia pada 2018.

Liliane Bettencourt, putri pendiri L’Oreal, Scheuller menghabiskan sebagian besar hidupnya bekerja di L’Oreal, dan di akhir hidupnya menderita demensia. Dia dan ahli waris Walmart telah bergantian memegang sebagai orang terkaya dunia selama tiga dekade terakhir.

Liliane Bettencourt merupakan wanita terkaya selama 14 tahun pertama Forbes menerbitkan daftar miliarder. Kemudian setelah 2001, posisinya diambil alih oleh pendiri Walmart Sam Walton yaitu Alice Walton.

Kemudian pada 2006, Bettencourt kembali merebut posisi nomor satu. Ia dan ipar perempuan Alice Walton yaitu Christy Walton bergantian memegang gelar itu selama sisa dekade terakhir. Pada 2010, Christy Walton menjadi wanita terkaya.

Hal ini didukung oleh saham Walmart yang kuat. Akan tetapi pada 2015, sejumlah dokumen menunjukkan kalau Christy Walton hanya warisi seperenam dari kekayaannya. Putra Christy dan John Walton yaitu Lukas menerima sepertinga properti milik John Walton, dan sisanya disumbangkan untuk amal.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini: