Sukses

6 Tips Menghemat Uang saat Berbelanja

Liputan6.com, Jakarta - Asyik berbelanja terkadang membuat lupa diri, sehingga tidak sadar telah begitu banyak uang yang telah dihamburkan untuk hal-hal yang tidak perlu. Ini tentunya sangat menyesakkan. Ini seharusnya tidak perlu terjadi jika Anda memiliki perencanaan yang matang.

Mau tahu apa saja yang harus Anda lakukan agar tetap bisa berbelanja namun uang tetap aman? Berikut tipsnya dikutip dari laman Pulse:

1. Buatlah Daftar Belanja

Biasakanlah dan selalu membuat daftar belanja sebelum Anda pergi. Ini akan membantu Anda lebih mudah mengontrol diri, dan tidak membeli hal-hal penting yang memang sangat dibutuhkan.

2. Bawalah Uang Secukupnya

Jika Anda sebelumnya telah membuat daftar belanja, perkirakan uang yang akan dikeluarkan. Lalu, bawalah uang sejumlah perkiraan perhitungan Anda. Namun sebelum Anda memperkirakan jumlah pengeluaran, ada baiknya untuk mengetahui harga dari barang-barang tersebut.

Jika takut tidak cukup, maka lebihkan saja sedikit. Ingat! Sedikit saja. Dengan begini Anda akan bisa lebih tegas pada dir sendiri, dan menghemat pengeluaran Anda lebih banyak lagi.

 

2 dari 3 halaman

3. Bandingkanlah Harganya

Jika Anda ingin membeli sesuatu, maka usahakanlah untuk membandingkan harga barang tersebut di toko A dan B. Buatlah perbandingan harga dengan beberapa toko yang terdekat dengan Anda, jangan hanya karena murah namun Anda harus membelinya di tempat yang sangat jauh. Harga tersebut akan sama saja karena Anda harus mengeluarkan uang lebih untuk transportasi ke toko tersebut.

4. Jika Bisa Tawarlah

Jika Anda belanja di pasar tradisional, dan bukan di pusat perbelanjaan kota yang memungkinkan Anda bisa menawar harga, maka tawarlah. Jangan malu untuk menawar harga, jika bisa. Ini akan membuat Anda lebih berhemat.

 

3 dari 3 halaman

5. Belanjalah di Waktu yang Sempit

Berbelanja di waktu yang sedikit akan menghindari Anda dari pembelian barang-barang yang tidak diperlukan. Namun tetap ingatlah untuk selalu membawa daftar belanja Anda agar tidak ada yang terlewatkan.

6. Janganlah Membeli Mereknya

Saat ini, kebanyakan orang membeli barang hanya karena merek atau brand-nya untuk dapat dipandang berada dan memiliki uang banyak. Hindarilah hal yang seperti ini.

Misal, jika Anda ingin membeli baju maka belilah yang membuat Anda dan dompet nyaman, bukan yang membuat mata orang yang melihat pakaian Anda nyaman. Belilah bajunya jangan mereknya, karena yang Anda kenakan nantinya adalah bajunya.