Sukses

Sambil Bengong, Jeff Bezos Bisa Hasilkan Rp 2 Miliar per Menit

Liputan6.com, Seattle - Tahun lalu, Jeff Bezos menjadi orang terkaya di dunia karena harga saham Amazon yang makin moncer. Berdasarkan kalkulasi, Jeff Bezos dapat meraup USD 149 ribu tiap menitnya atau setara Rp 2 miliar (USD 1 = Rp 14.024).

Menurut Business Insider, dalam setahun Bezos bisa menghasilkan USD 78,5 miliar (Rp 1.100 triliun), dan bila dihitung per jam menjadi USD 8,9 juta (Rp 125,6 miliar). Per menitnya pun mencapai Rp 149 ribu, dan per detiknya Rp 28 ribu (Rp 393 juta).

Di penghujung tahun 2018, Bezos mendapat predikat miliarder paling untung sepanjang tahun. Forbes mencatat kekayaan bersih pria berkepala plontos itu bertambah USD 27,9 miliar (Rp 391 triliun).

Perhatian ini muncul ketika seorang warganet menunjukkan foto Bezos yang sedang menghadiri ajang Golden Globe Awards. Dalam caption, tertulis Bezos sedang menghasilkan USD 28 ribu, padahal ia hanya duduk saja. 

Sumber kekayaan Jeff Bezos adalah 16 persen sahan yang ia pegang di Amazon. Valuasi Amazon sudah menyentuh USD 1 triliun pada September lalu.

Saham Amazon menanjak all-time high pada awal September lalu, meski sekarang sedang menurun. Meski ekspektasi penjualan tidak tercapai, penjualan Amazon naik 30 persen dari tahun lalu sebelumnya.

Jeff Bezos mendirikan Amazon pada tahun 1994 sebagai situs e-commerce. Amazon berhasil mendominasi e-commerce di Amerika Serikat (AS) dan berekspansi ke India dan Turki. 

Saat ini, kekayaan bersih Jeff Bezos mencapai USD 130,5 miliar (Rp 1.830 triliun). Ia adalah orang kedua yang kekayaan dolarnya melewati 12 digit sejak Bill Gates. 

2 dari 2 halaman

Fokus Bantu Keluarga Miskin

Orang terkaya di dunia, Jeff Bezos, menyambut tahun baru 2019 dengan memberikan perhatian kepada anak-anak keluarga miskin. Ini ia lakukan via Bezos Day One Fund yang dia modali sebesar USD 2 miliar.

Bezos Day One Fund memberikan dukungan dana ke keluarga-keluarga tanpa rumah di 16 negara bagian dan District of Columbia. Uang jutaan dolar dikirim ke panti-panti. Jumlah uang bervariasi antara USD 2,5 juta - USD 5 juta.

Pendanaan itu juga aktif di dunia pendidikan anak lewat Day 1 Academies Fund yang menyediakan jaringan pendidikan pre-school berdasarkan prinsip Montessori bagi anak-anak tidak mampu. Dan awal tahun ini, Bezos mengumumkan Academies Fund akan dipimpin Mike George.

Mike George adalah mantan Wakil Presiden Alexa dan sudah lama menjadi Amazonian (pegawai Amazon). George bekerja selama Amazon selama 13 tahun, jauh sebelum Bezos menjadi orang terkaya. 

"Mike adalah builder sejati yang paham cara memulai dari dasar, dan ia akan membawa energi besar, tekad, dan passion ke pekerjaan ini. Terima kasih, Mike!" puji Bezos dalam Instagramnya.

Inisiatif Day one ini baru dibangun Bezos pada September lalu. Kata "Day One" dipilih karena itu merupakan prinsip Bezos. Ia percaya pada semangat Hari Pertama dalam pekerjaan untuk bereksperimen secara sabar, menerima kegagalan, dan mempersiapkan untuk masa yang akan datang. Gedung Amazon pun juga bernama Day One.

Loading
Artikel Selanjutnya
CEO Amazon Berambisi Kerja Sama dengan Pentagon
Artikel Selanjutnya
Amazon Rancang Chipset untuk Pusat Data